Mushaf ini merupakan warisan keluarga Kesultanan Sumbawa, disimpan di Balla Kuning, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Disalin oleh Abdurrahman bin al-marhum Musa as-Sumbawi, selesai disalin pada Jumat, Sya’ban 1280 H (Januari-Februari 1864). Kertas Eropa, 15 baris tulisan per halaman. Mushaf ditulis dengan tinta hitam, sedangkan tinta merah digunakan untuk menulis kepala surah, sebagian qiraat, niṣf, rubu‘, ṡumun, rukuk, dan tanda tajwid. Teks berpola ‘ayat pojok’. Mushaf tidak lengkap lagi, sebagian telah hilang. Kondisi naskah yang tersisa masih cukup baik.

Iluminasi tidak diketahui, namun biasanya, iluminasi dalam mushaf berciri Bugis seperti ini terdapat di awal, tengah dan akhir mushaf. Medalion di pias halaman menghiasi setiap awal awal juz. Kaligrafi ditulis dengan gaya naskhi yang cukup bagus. Di pias halaman terdapat catatan qiraat dan penjelasannya, dan di bagian atas halaman sebelah kiri terdapat nama juz dan surah. Kebiasaan seperti ini terdapat pada mushaf-mushaf Bugis abad ke-19.

Kolofon di akhir mushaf berbunyi:

 

... fi al-balad ... al-Makkah al-musyarrafah al-masyhūrah min syahri Sya‘bān al-mubārakah fī yaum al-Jum‘at waqt aḍ-ḍuḥā sanat alf wa mi’atāni wa ṡamānūna min al-hijrat man lahu al-‘izz wa asy-syaraf 1280 min yadi al-faqīr ilā maulānā[hu] al-ganiy ‘Abdurrahmān ibn al-marhūm Mūsā as-Sumbāwī la‘alla Allāhu yagfiru lanā wa li-wālidainā wa li-masyā’ikhinā wa li-jamī‘i al-muslimīn wa al-muslimāt wa al-mu’minīn wa al-mu’mināt al-aḥyā’ minhum wa al-amwāt wa al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn. Āmīn.

(... di negeri ... Makkah yang mulia yang masyhur pada bulan Sya’ban yang penuh berkah pada hari Jumat waktu duha tahun seribu dua ratus delapan puluh [Januari-Februari 1864] Hijrahnya yang memiliki keagungan dan kemuliaan 1280 dengan tangan yang faqir kepada Tuhannya Yang Kaya Abdurrahman bin al-marhum Musa as-Sumbawi semoga Allah mengampuni kami, kedua orang tua kami, para guru kami, serta seluruh muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat yang hidup dan yang telah wafat. Al-hamdulillahi rabbil-alamin. Amin.) [aa]