Untuk mendaftar user dan mengunduh file pdf, silakan klik di sini
Anda berada di: Beranda Artikel Feature Qur'an Kecil, "Qur'an Istanbul"

Qur'an Kecil, "Qur'an Istanbul"

Banyak orang bertanya-tanya tentang Qur'an kecil, mini, yang umumnya mereka warisi dari kaluarganya. Beberapa kali orang datang ke Bayt al-Qur’an & Museum Istiqlal untuk menanyakan hal ini. Qur'an kecil itu biasanya disebut "Qur'an Istanbul", "Istambul", atau "Stambul". Dua hal yang umumnya menjadi pertanyaan, yaitu apakah itu tulis tangan atau cetakan, dan kapan Qur'an ini dibuat. Untuk pertanyaan pertama, Qur'an kecil seperti itu bisa dipastikan adalah cetakan, bukan tulis tangan. Dan karena dahulu umumnya dicetak di Istanbul, maka nama kota itu melekat menjadi sebutan, "Qur'an Istanbul". Di dunia Islam, Qur'an baru mulai banyak dicetak sekitar awal atau pertengahan abad ke-19, dan pada paruh kedua abad ke-19 tumbuh pesat seiring perkembangan teknologi percetakan. Berdasarkan kenyataan itu, Qur'an kecil diperkirakan umumnya dicetak pada awal atau pertengahan abad ke-20, atau bahkan lebih muda dari itu.

Mushaf Istanbul

Mushaf Istambul

Dalam hal ini, perlu dibedakan antara penulisan mushaf dan produksi atau pencetakannya. Penulis Qur'an kecil biasanya - seperti umumnya Qur'an di Istanbul, bahkan hingga sekarang - adalah Hafiz Usman, seorang kaligrafer Qur'an Turki Usmani paling terkenal yang hidup pada 1642-1698 (Gambar 1, 2). Jadi, tulisannya sendiri dibuat pada abad ke-17, namun dicetak, dan terus direproduksi, pada abad ke-20. Namun tampaknya tidak semua Qur'an kecil berasal dari Istanbul. Contoh di bawah ini (Gambar 3, 4), berdasarkan ciri hurufnya, tampaknya diproduksi di India atau Pakistan. Biasanya, Qur'an kecil seperti itu diperoleh sebagai kenangan atau oleh-oleh dari ibadah haji.

Mushaf Cetakan India Mushaf Cetakan India

Di bawah ini adalah contoh Qur'an kecil yang merupakan koleksi Bayt al-Qur'an & Museum Istiqlal. Ukurannya 1,5 x 2,5 cm dan 2 x 3 cm. Sebagian Qur'an kecil bisa dibaca, namun sebagian lagi tidak bisa dibaca, tergantung kualitas cetakannya. Sebagian juga menggunakan tinta emas, barangkali untuk mengesankan kemewahan, padahal malah justru tidak bisa dibaca (Gambar 5, 6).

Mushaf Istanbul Koleksi BQMI Mushaf Istambul Koleksi BQMI

Artikel lainnya pada Feature


Ayat Hari ini

2:154 Dan janganlah kamu mengatakan orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Sebenarnya (mereka) hidup, ) tetapi kamu tidak menyadarinya.

 
fbPixel