LPMQ Tahun 2016 Mengeluarkan 200 Lebih Tanda Tashih

Bogor, 30 /1/17. Memasuki tahun 2017, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama mengawali kegiatannya dengan mengadakan sidang reguler pentashihan pertama. Sidang Reguler pertama ini diadakan selama 3 hari, 30 Januari – 1 Pebruari 2017, bertempat di Hotel Royal Padjadjaran, Bogor. “Pada tahun 2017 ini, LPMQ akan mengadakan kajian Rasm Usmani pada Mushaf Standar Indonesia demi memperkuat keberadaan mushaf tersebut di masyarakat. Selain itu, kajian tersebut juga merupakan amanat seminar internasional yang dilakukan tahun 2016 yang lalu,“ demikian salah satu butir pembukaan yang disampaikan Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA. “Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, maka sudah waktunya kita dilihat dunia dalam hal penggunaan mushaf dan penetapan rasm yang digunakan,” demkian Kepala Lajnah menambahkan.

Selengkapnya...

Font Mushaf Al-Quran Standar Indonesia Tersedia Di "Quran Kemenag" Versi Web

Jakarta (20/01/2017) --- Aplikasi Quran Kemenag versi WEB sudah dapat diakses mulai hari ini. Rilis layanan ini melengkapi aplikasi Quran Kemenag versi android yang dirilis sebelumnya.

"Aplikasi Quran Kemenag versi website bisa diakses di http://quran.kemenag.go.id. Konten dalam versi android, seperti teks ayat, terjemah, tafsir, pencarian kata, murattal dan fasilitas sharring, dapat dinikmati juga pada versi web yang baru diluncurkan ini," kata Kepala Seksi Pengkajian Al-Quran Lajnah Penstashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Zarkasi di Jakarta, Jumat (20/01).

Selengkapnya...

Kemenag Hadirkan Versi Terbaru Aplikasi Al-Quran Digital

Jakarta (17/01/2017) - Aplikasi Al-Quran Digital Kementerian Agama yang dirilis oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin pada Seminar Internasional Al-Quran tanggal 30 Agustus 2016 lalu, kini sudah tersedia versi terbarunya.

Kasi Pengkajian Al-Quran, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ) Zarkasi, Selasa (17/01), mengatakan bahwa pada versi 1.3 ini banyak perubahan tampilan, penambahan fasilitas, dan menu yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Selengkapnya...

Muchlis M. Hanafi: Jangan Ada Ego Sektoral di LPMQ

Jakarta (12/01/2017) - Mengawali sambutannya dalam kegiatan pembinaan pegawai pada hari Kamis (12/01) pagi, Dr. Muchlis M. Hanafi, MA selaku Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pegawai LPMQ atas partisipasinya dalam mensukseskan seluruh program-program kegiatan di tahun 2016. Penyerapan anggaran LPMQ pada tahun 2016 sebesar 93,7%. Menjadi salah satu unit kerja dengan penyerapan tertinggi di antara unit-unit kerja lain yang berada di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Angka tersebut hanya terpaut sedikit dari target penyerapan yang dicangkan Menteri Agama sebesar 94%.

Selengkapnya...

LPMQ Akan Optimalkan Layanan Al-Quran Berbasis Teknologi Informasi

Kepala LPMQJakarta (Pinmas) --- Kementerian Agama memiliki satuan kerja dengan tugas dan fungsi memberikan pelayanan terkait dengan Al-Quran. Satuan kerja yang sebagian besar aparaturnya adalah penghafal Al-Quran itu adalah Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMQ).

Berkantor di Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, LPMQ selama ini memberikan pelayanan pentashihan Al-Quran. Semua Al-Quran yang akan diterbitkan dan atau diedarkan di Indonesia harus melalui proses tashih (pengecekan dan pemeriksaan) oleh LPMQ.

Selengkapnya...

Menilai Artikel Untuk Jurnal Suhuf Volume 9 Nomor 1 Tahun 2016

Menjelang penerbitan Jurnal Suhuf edisi 9 No. 1, dewan redaksi Jurnal Suhuf Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an menyelenggarakan sidang pleno di Bekasi, 9 Mei 2016. Sidang ini merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan untuk menyeleksi, menilai dan menentukan tulisan-tulisan yang akan diterbitkan. Sebelumnya, dewan redaksi telah melakukan seleksi tahap awal untuk memilih tulisan-tulisan yang memenuhi syarat. Pada seleksi tahap awal ini, dewan redaksi mendapatkan 16 tulisan yang dianggap layak untuk dinilai pada tahap berikutnya. Selanjutnya, tulisan-tulisan tersebut dikirimkan kepada mitra bebestari untuk dinilai. Masing-masing dari mitra bebestari diamanahi untuk menilai 2 tulisan. Hasil penilaian disampaikan dihadapan peserta sidang. Berikutnya, diadakan sesi tanya jawab, masukan dan tanggapan untuk setiap tulisan yang dinilai oleh seluruh peserta sidang. Pada tahap akhir, berdasarkan hasil kesepakatan peserta sidang, dipilihlah tulisan-tulisan yang layak diterbitkan.

Selengkapnya...