Suhuf Kembali Memperoleh Akreditasi LIPI

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Suhuf oleh Kepala LIPI Bogor (01/11/2016) - Jurnal SUHUF yang dikelola Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an, pada Selasa (1/11), menerima akreditasi untuk lima tahun mendatang. Akreditasi ini merupakan yang ketiga kali diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Akreditasi kali ini adalah untuk jurnal SUHUF elektronik. Sesuai Peraturan Kepala LIPI Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, mulai 1 April 2016 pengelolaan majalah harus menggunakan manajemen penerbitan secara elektronik (e-journal).

Menurut Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain, banyak jurnal yang gagal terkreditasi karena terkendala ‘migrasi’ dari pengelolaan secara cetak ke pengelolaan secara elektronik. Pada akreditasi tahap kedua terdapat 18 jurnal yang mengajukan akreditasi: 16 jurnal akreditasi ulang dan 2 jurnal akreditasi baru. Dari jumlah tersebut, 11 jurnal mendapatkan akreditasi dan tujuh jurnal belum layak mendapatkan. Berbarengan dengan jurnal SUHUF, LIPI juga memberikan akreditasi kepada jurnal Analisa yang dikelola Balai Litbang Agama Semarang.

Pada kesempatan penyerahan sertifikat akreditasi tersebut, Kepala LIPI berpesan kepada dua jurnal  dari Kementerian Agama, harus menjadi corong bagi keislaman Indonesia. [ah]