Kebutuhan masyarakat terhadap pengutipan ayat Al-Qur’an secara benar dan sesuai Mushaf Standar Indonesia terutama mahasiswa, dosen dan penerbit buku direspon oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama dengan mengembangan aplikasi “Quran In Ms Word”. Pengembangan aplikasi ini terlaksana setelah Tim IT LPMQ membuat font Arab khusus yang dinamakan “Font LPMQ Misbah”.

Font LPMQ Misbah adalah suatu data yang digunakan aplikasi untuk menampilkan teks ayat Al-Qur’an sesuai Mushaf Standar Indonesia (MSI) dan dapat ditampilkan dengan berbagai ukuran. Font MSI dikembangkan mengikuti unicode arabic script yang mengandung huruf standar dan diakritik yang lazim digunakan dalam abjad dan numeralia Arab dengan penyesuaian karakter khas yang ada dalam Mushaf Standar Indonesia.

Font LPMQ Misbah dibuat dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi website dan smartphone maupun program “add in Ms Word”. Untuk dapat menampilkan Mushaf Standar Indonesia, Font LPMQ Misbah harus dipadukan dengan database teks ayat Mushaf Standar Indonesia yang disediakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dan telah dipublish di website quran.kemenag.go.id

Adapun kelebihan aplikasi Quran in Ms Word: a) pengutipan ayat dengan benar dan sesuai MSI; b) sesuai dengan Rasm Usmani; c) pencarian kata dalam Al-Qur’an; d) dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Tafsir Ringkas Kemenag, dan Tafsir Kemenag lengkap. (Zarkasi)