Sebagai salah satu anjungan di lingkungan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) senantiasa meningkatkan pelayanan baik dari penerimaan tamu maupun kualitas objek yang dipamerkan. Tidak heran jika BQMI selalu mendapatkan penghargaan dari manajemen TMII.

BQMI masih menjadi favorit bagi anak-anak sekolah Islam sebagai sarana belajar untuk mengenalkan Kitab Suci mereka sejak dini dan memberikan wawasan kebudayaan masa lalu Indonesia. Beberapa pengunjung telah memasukkan kunjungan ke BQMI dalam kurikulum sekolahnya, karena bisa memudahkan pengajar dalam menjelaskan Al-Qur’an dan kebudayaan Nusantara kepada peserta didiknya.

Salah satu pengunjung BQMI tahun ini yang dapat kami wawancara, yaitu RA Tahfizh Vila Inti Persada, Pamulang, Tangerang Selatan, yang mengadakan fieldtrip pada bulan ini ke BQMI dengan tema “alam angkasa dan mengenal lebih dekat dengan Al-Qur’an”. Saat di BQMI, anak-anak RA Tahfizh diberi pemahaman tentang tulisan Al-Qur’an dan bentuk Al-Qur’an dari berbagai daerah di Indonesia dan negara lain. 

Bu Intan selaku Kepala Sekolah RA Tahfizh menyampaikan bahwa anak-anak sangat antusias ketika diminta untuk menyentuh media Al-Qur’an, dan langsung dan memberikan beberapa pertayaan kepada pemandu, karena sangat menarik bagi mereka. Apalagi saat menonton film hasil kajian Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) bertema lebah, burung, semut, dan lainnya. Di akhir sesi, anak-anak melakukan foto bersama di depan bedug besar. Spontan mereka memukul bedug tersebut dengan tangan mungilnya. Setelah itu anak-anak RA Tahfizh menuju ke Sky World untuk belajar tentang luar angkasa. 

Salah satu guru yang mendampingi mereka juga bersyukur bahwa semua anak ikut gembira dan mengikuti tahapan pembelajaran fieldtrip ini dengan seksama. Begitupun para orang tua yang bergabung dalam kunjungan di BQMI, mereka terlihat menikmati kegiatan ini.

Semua film yang diproduksi LPMQ telah diunggah ke Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCmMeumAq7JlVHlL7-4MUIAQ