Untuk mendaftar user dan mengunduh file pdf, silakan klik di sini
Anda berada di: Beranda Publikasi Tafsir Tematik Tafsir Tematik 2008

Sinopsis Buku Membangun Keluarga Harmonis

Keluarga merupakan kelompok terkecil dalam suatu negara, maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa kualitas negara sedikit banyak Gambar Sampul Tafsir Tematik Seri 3Tahun 2008berpengaruh dari kualitas individu dalam membina keluarganya. Menurut rumusan terbaru BKKBN, sebuah keluarga disebut berkualitas jika keluarga dalam keadaan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penjelasan lebih rinci tentang ciri-ciri keluarga berkualitas ini dapat ditemukan pada sub-bahasan tentang “Batasan Keluarga Harmonis”.

Terbentuknya sebuah keluarga bermula dari dikukuhkannya akad pernikahan antara dua sejoli. Karenanya, arti, tujuan, hikmah, konsekuensi, dan komitmen pernikahan menjadi pembahasan penting pada bab kedua. Berawal dari pernikahan, dua insan disatukan dalam satu akad yang kokoh untuk merangkai jenjang kehidupan, dan jika mendapatkan restu Ilahi maka keduanya akan mewariskan keturunan yang mem¬perpanjang mata rantai kehidupan. Teriring doa dari para saksi pernikahan, bahwa diharapkan kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah, komitmen ilahi tersebut berimplikasi pada kemampuan masing-masing pasangan dalam menjaga keharmonisan hubungan dengan senantiasa memperhatikan hak serta kewajiban pasangannya. Penjelasan terperinci tentang perbedaan makna sakinah, mawaddah, dan rahmah pada buku ini sedikit banyak membantu para pasangan dalam mengembangkan pola hubungan yang lebih harmonis. Dalam buku ini juga dijelaskan tentang hak dan kewajiban anggota keluarga, baik keluarga yang hanya terdiri dari suami dan istri maupun keluarga yang telah dikaruniai anak; hak dan kewajiban suami terhadap istri, hak dan kewajiban istri terhadap suami, hak dan kewajiban orang tua terhadap anak, serta hak dan kewajiban anak terhadap orang tua.

Selain membahas tentang seluk-beluk pernikahan yang ideal, buku ini juga memberikan wawasan Al-Qur'an tentang pernikahan yang dipermasalahkan. Beberapa pernikahan seperti pernikahan dini, nikah mut‘ah, nikah paksa, dan nikah sirri adalah contoh pernikahan yang dipermasalahkan menurut buku ini. Ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis silih berganti dijadikan dalil pada pembahasan ini sehingga sejarah yang bersinggungan dengan macam-macam nikah tersebut menjadi lebih jelas dalam membedakan sikap Islam menghadapi model pernikahan tersebut. Selanjutnya, buku ini tidak hanya memaparkan tentang berbagai permasalahan yang dihadapi anggota keluarga dalam menjaga keharmonisan rumah tangga, seperti: nusyūz suami dan istri, perselingkuhan, pengabaian nafkah keluarga, atau kedurhakaan anak, buku ini juga memberikan beberapa solusi bagi anggota keluarga dalam mengatasi konflik tersebut. Di akhir buku yang berjumlah dua ratusan halaman ini, tim tafsir lebih mendahulukan metode preventif dalam meminimalisir atau bahkan menghindari konflik berkepanjangan dalam rumah tangga, namun jika konflik tersebut tak terelakkan maka metode kuratif adalah pilihan yang bisa ditempuh.

Artikel lainnya pada Tafsir Tematik Tahun 2008


Ayat Hari ini

2:163 Dan Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

 
fbPixel