Tindaklanjut Hasil Mukernas Ulama Al-Qur’an

Foto Sidang Pleno Tematik Pasca Muker Ulama Al-Qur'an 2011 Bogor (28/07/2011) - Pada 21-23 Juni lalu Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI melangsungkan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ulama Al-Qur’an di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Mukernas tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi. Menindaklanjuti hasil Mukernas tersebut, Lajnah mengadakan sidang pleno untuk membahas catatan para peserta Mukernas atas tafsir tematik (13 jilid), yang terbit pada tahun 2008, 2009, dan 2010.

Berdasarkan hasil sidang pleno tersebut, beberapa agenda tim tafsir tematik ke depan antara lain, segera melakukan perbaikan redaksional, memberikan beberapa penjelasan tambahan pada pengantar tafsir tematik yang terkait dengan metodologi penulisan, menyajikan penjelasan yang komprehensif pada bab pendahuluan dari setiap buku sehingga dapat menjadi pengantar bagi bab-bab berikutnya, dan tim sepakat untuk melakukan editing secara ‘kejam’ terhadap beberapa tulisan yang telah ‘melebar’ dari metodologi tafsir tematik.

Sidang pleno yang diselenggarakan di Hotel Griya Astoeti Bogor ini berlangsung dua malam. Masing-masing pembahas dari setiap jilid tafsir mempresentasikan hasil bacaannya, dengan mempertimbangkan catatan-catatan dari peserta Mukernas.[hf]