Depok (01/08/2015) - Selama tanggal 1—7 Agustus 2015, Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) akan hadir memeriahkan MTQ Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV yang akan diselenggarakan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. BQMI hadir tentu bukan sebagai kafilah peserta, tetapi menghadirkan edukasi dan sosialisasi ke-Al-Qur’an-an melalui pameran benda koleksinya. BQMI terpanggil untuk turut berpartisipasi mengingat kegiatan MTQMN sangat relevan dengan tugas Lajnah.

Menyelaraskan diri dengan tema umum pameran yang diusung panitia MTQMN yaitu “Berbangga dengan Al-Qur’an”, pameran koleksi BQMI akan mengusung tema “Keagungan Mushaf Al-Qur’an Nusantara”. BQMI akan menampilkan contoh-contoh khazanah mushaf Al-Qur’an di Nusantara yang sudah sejak lama memiliki tradisi penyalinan yang kuat dengan iluminasi (ragam hias) yang indah. BQMI juga akan menampilkan beberapa contoh hasil pengembangan kajian Al-Qur’an berupa tafsir dan terjemahan Al-Qur’an.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah satu rangkaian lomba bacaan, hafalan, syarah Alquran serta beraneka ragam perlombaan mengenai kandungan Al-Qur’an. MTQ di Indonesia telah ada sejak tahun 1940-an, diprakarsai oleh Jam’iyyatul Qurro wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama. Dalam perkembangannya, kegiatan MTQ juga dilaksanakan oleh berbagai komunitas dan organisasi, seperti MTQ wartawan, MTQ mahasiswa, dan lain sebagainya. MTQ Mahasiswa secara nasional telah dilaksanakan sebanyak 13 kali.[adm]