Mengenal Mushaf Koleksi Museum Masjid Agung Demak (4)

 

Mushaf 8

Ukuran mushaf 32 x 21 cm, kertas Eropa (Belanda) dengan cap kertas ProPatria dan cap tandingan VG. Ayat ditulis dengan tinta hitam, sedangkan tinta merah digunakan untuk kepala surah, permulaan juz, tanda tajwid, keterangan pias, dan lingkaran akhir ayat. Sampul kulit coklat polos. Tanda juz berupa lingkaran berhias di pias halaman. Mushaf tidak lengkap, bagian akhir mushaf sebagian halaman hilang. Mushaf ini tidak beriluminasi di awal dan tengah mushaf, sedangkan di halaman Surah an-Nās di akhir mushaf dihias dengan motif sulur dan warna sederhana. (aa)

 

 

Mushaf 9

Ukuran mushaf 32 x 20 cm, kertas Eropa dengan cap kertas ProPatria. Ayat ditulis dengan tinta hitam, sedangkan tinta merah digunakan untuk kepala surah, permulaan juz, tanda tajwid, catatan pias, dan lingkaran akhir ayat. Sampul kulit coklat dengan hiasan cap tanpa warna yang ditempelkan belakangan. Iluminasi awal mushaf ditempelkan pada kulit mushaf. Iluminasi-tengah mushaf terdapat di awal Surah al-Kahf dengan motif sulur yang  cukup indah, dengan garis persegi hingga ke tepi halaman. Warna yang digunakan adalah merah, biru, hijau, kuning, dan emas untuk mempertegas garis. Iluminasi-tengah mushaf terdapat di awal Surah al-Kahf. Tanda juz berupa setengah lingkaran di pias halaman sebelah kanan dan kiri. Kondisi mushaf tidak lengkap, bagian awal dan akhir mushaf hilang. (aa)

 

 

Mushaf 10

Ukuran mushaf 32 x 24 cm, kertas dluwang. Ayat ditulis dengan tinta hitam, sedangkan tinta merah digunakan untuk kepala surah, permulaan juz, keterangan pias, dan lingkaran akhir ayat. Sampul kulit coklat polos. Mushaf tidak lengkap, bagian awal dan akhir telah hilang. Hiasan tengah mushaf terdapat di awal Surah al-Kahf berupa perpaduan garis segi empat dan segitiga hitam putih. Sudut luar-bawah halaman tampak sedikit hancur, merupakan tanda bahwa mushaf ini dahulu sering digunakan. (aa)

 

 

Mushaf 11

Ukuran mushaf 33,5 x 20,5 cm, kertas Eropa, cap kertas ProPatria. Ayat ditulis dengan tinta hitam, sedangkan tinta merah digunakan untuk kepala surah, permulaan juz, keterangan pias, dan lingkaran akhir ayat. Sampul kulit coklat tipis. Iluminasi terdapat di awal dan akhir mushaf, berupa garis persegi dengan bentuk semacam segitiga di bagian atas, samping-luar, dan bawah. Warna yang digunakan terutama merah dan kuning dengan motif sulur. (aa)