Menteri Agama Membuka Mukernas Ulama Al-Qur’an

Menag Membuka Acara Mukernas Ulama Al-Qur'anBandung (18/08/2015) - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ulama Al-Qur’an secara resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, pada tanggal 21 Agustus pukul 20.30 malam tadi di Hotel Gumilang Regency- Bandung. Selain kehadiran Menteri Agama, Mukernas yang direncanakan akan berlangsung 4 hari ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting Al-Qur’an, seperti Prof.Dr Quraish Shihab dan Prof.Dr Sayyid Agil Munawwar.

Kepala Badan Litbang dan Diklat dalam laporannya menyatakan bahwa Mukernas yang dihadiri oleh para pakar Al-Qur’an di Indonesia ini menghusung tema ‘Implementasi Revolusi Mental dengan Pendekatan Al-Qur’an’. Rencananya, mukernas ini akan membahas beberapa isu penting dan juga hasil karya tim Tafsir Kementerian Agama, yaitu tafsir Tematik, Tafsir Ilmi dan tafsir Ringkas.

Dalam sambutannya, Menteri Agama menghimbau agar Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an harus benar-benar dapat mengikuti perkembangan arus globalisasi yang berjalan seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Pentashihan mushaf Al-Qur’an hendaknya tidak terbatas pada teks Al-Qur’annya saja, namun LPMA pun harus dapat menyentuh terjemahan Al-Qur’an. Terlebih, teks dan terjemahan tersebut semakin menjamur dalam bentuk digital. Tafsir Al-Qur’an pun merupakan hal yang harus diperhatikan. Bahkan, Menurut Lukman Hakim Saifuddin, hal ini justru lebih penting sebagai bangsa Muslim terbesar di dunia, hendaknya Rakyat Indonesia memiliki pehamanan yang dapat dipertanggungjawabkan secara Ilmiah. Karenanya, Menteri Agama menghimbau agar Karya Tafsir tim Tafsir Kementerian agama dapat tersosialisasikan dengan baik ke seluruh pelosok dan kalangan bangsa. (IAP)

Berita Terkait