Mushaf Kuno Koleksi Masjid Jim, Ternate

Mushaf ini masih berada di Masjid Jim, Kampung Makasar, Ternate, Maluku Utara. Masjid Jim adalah masjid yang menjadi salah satu lokasi penyebaran mushaf yang disponsori Kesultanan Ternate. Jarak masjid dengan istana Kesultanan Ternate sendiri hanya berjarak 1 hingga 2 kilometer. Kondisi mushaf ini sudah rusak. Sebagian kecil teks Al-Qur'annya sudah hilang dan yang terdapat dalam mushaf ini tinggal dari Surah al-Baqarah/2 ayat 62 hingga Surah al-Falaq/113.

Mushaf yang disalin di atas kertas Eropa ini berukuran 32 x 22 cm, tebal 8 cm, dengan ukuran bidang teks 12 x 18 cm; jumlah baris untuk setiap halaman sebanyak 13, sehingga masing-masing juz berjumlah 17 lembar atau lebih. Tinta yang digunakan adalah tinta hitam dan merah; hitam untuk teks utama, sedangkan merah untuk tanda waqaf, tanda awal juz dan tanda tajwid, seperti mad wajib dan mad jaiz. Rasm yang digunakan pada mushaf ini adalah rasm imlai dengan pengecualian beberapa kata tertentu. Adapun qiraah yang diikuti adalah bacaan Imam ‘Āṣim riwayat Ḥafṣ. Qiraah ini perlu ditegaskan karena salah satu mushaf kuno koleksi Kesultanan Ternate yang disimpan di museum kesultanan menggunakan qiraat Nafi riwayat Qalun.

Iluminasi pada mushaf ini berbentuk perpaduan kotak segi empat dan belah ketupat, dijumpai pada dua halaman awal Surah al-Kahf. Sedangkan pada halaman Surah al-Falaq iluminasinya bermotif gerbang pintu. Motif floral dan bunga dengan dominasi warna merah dan hitam tampak menghiasi kedua iluminasi ini. (Mus)

Berita Terkait