Mengenal Abū ‘Amr ad-Dānī (w. 444 H/1052 M)

Dalam diskursus Rasm Usmani, Abū ‘Amr ad-Dānī dikenal sebagai as-Syaikhani, selain Abū Dāwūd Sulaimān bin Najāḥ. Dunia percetakan mushaf Al-Qur’an modern yang menggunkan Rasm Usmani dengan Riwayat ad-Dani adalah mushaf India/Pakistan, Libiya dengan mushaf al-Jamahiriyah dan Indonesia dengan Mushaf Standar Indonesia (MSI).

Nama lengkapnya adalah ‘Usmān Sa‘īd bin ‘Usmān bin Sa‘īd bin ‘Umar al-Umawi al-Qurtubi. Pada masanya ia dikenal dengan nama Ibnu as-Ṣairafī, namun pada masa al-Dhahabī (w. 748 H) ia lebih terkenal dengan sebutan Abū ‘Amr ad-Dānī.

Menurut Ibnu Bashwal, ad-Dānī dike­nal sebagai seorang pakar lintas disiplin ilmu, selain ahli qiraah juga ahli dalam beberapa bidang ilmu, seperti; ma‘ānī Al-Qur'ān, tafsir, hadis, dan fikih.

Lahir di Cordoba pada 371 H dan memulai pendidikannya pada usia 15 tahun di kota kelahirannya. Di antara guru-gurunya adalah Abū al-Mu’raf ‘Abd ar-Raḥmān bin ‘Usmān al-Qushairī, Abū Bakr Ḥātim bin ‘Abd Allah al-Bazzār, Abu ‘Abdullah Mu­hammad bin Khalīfah bin ‘Abd al-Jabbār, Aḥmad bin Fatḥ bin ar-Russān, Abū Bakr bin Khalīl, Abū ‘Usmān bin al-Qazzār, Abū Bakr at-Tajībī, Yunūs bin ‘Abd Allāh, Ḥalaf bin Yaḥyā, dan lain-lain.

Pada 397 H ia melanjutkan studinya ke Timur (al-Masyriq) dan bergu­ru kepada beberapa tokoh terkemuka, seperti; Abū al-Hasan Aḥmad bin Faras, Abū Muhammad an-Nahhās al-Miṣrī, Abū al-Qāsim ‘Abd al-Wahhāb bin Aḥmad bin Munīr, dan Khalaf bin Ibrahīm bin Khāqān. Sempat tinggal di Kairuan selama 4 bulan, beberapa tahun di Mesir, kemudian menunaikan ibadah haji dan kembali ke Spanyol pada 399 H. Tidak lama setelah kembali ke negaranya, pada 403 H ia kembali keluar dari Spanyol menuju Sagar dan menetap selama 7 tahun di Saraqustah. Kemudian, ia menetap di Daniyah (salah satu kota di Spanyol) pada 417 H hingga wafat pada tahun 444 H.

Ad-Dānī merupakan tokoh produktif. Banyak karya lintas disiplin ilmu­nya yang tercatat, dari yang tercetak hingga yang tinggal riwayat. Di an­tara karyanya yang terkenal dalam disiplin ilmu rasm Al-Qur’an adalah al-Muqni fi Ma’rifah Maṣāḥif Ahl al-Amṣār. Menurut Ṣādiq al-Qamḥawī, merujuk keterangan Ibn al-Jazarī (w. 833 H) dalam Ghāyah an-Nihāyah fi Ṭabaqāt al-Qurrā’, ad-Dānī setidaknya memiliki 120 kitab dengan berbagai judul. Di antaranya yang teridentifikasi adalah:

  1. Jāmi al-Bayān fī al-Qirā’āt as-Sab;
  2. Manẓūmah al-Iqtiṣād;
  3. Ījāz al-Bayān fī Qira’at Warsy;
  4. At-Talkhīṣ fi Qirā’at Warsy;
  5. At-Taisīr fī ‘Ilm al-Qirā’āt as-Sab (ringkasan dari Jami’ al-Bayan);
  6. Al-Muḥkam fī an-Naqṭ (tentang diakritik atau tanda baca Al-Qur’an);
  7. Al-Muḥtawā fi al-Qirā’āt ash-Shawādh (berisi qiraah-qiraah syaz);
  8. Al-Urjūzah fī Uṣūl as-Sunnah;
  9. Ṭabaqāt al-Waqf wa al-Ibtida’ (menurut sebagian pendapat, buku ini berjudul al-Muktafā fi al-Waqf wa al-Ibtidā);
  10. Al-Tamhīd li Ikhtilāf Qirā’at Nāfi;
  11. Al-Mufradāt;
  12. Al-Imālah;
  13. Ar-Rā’at li Warsy;
  14. Al-Fitan wa al-Malāhim;
  15. Madhāhib al-Qurrā’ fī al-Hamzatain;
  16. Ikhtilāfihim fī al-Yā’āt;
  17. Sharh Qaṣīdah al-Khāqānī fī an-Naḥw;
  18. Al-Tajdīd fī al-Itqān wa at-Tajwīd;
  19. Al-Bayān fī ‘Add Āy Al-Qur’ān;
  20. At-Tahdhib li mā Tafarrad bih Wāḥid min al-Qurrā’ as-Sabah;
  21. Al-Idghām al-Kabīr;
  22. Al-Ta‘rīf fī al-Qirā’at ash-Shawādh;
  23. Mufradāt Yaqūb;
  24. Muqaddimah fī at-Tajwīd. (znl)

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved