Kiat Menjadi Pemandu Yang Baik

Bagi pemandu, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana menjadi pemandu yang baik. Hal ini sering muncul karena ia bertanggungjawab secara moral kepada pengunjung di museum. Dengan kemampuan yang baik, pemandu bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an di ruang audio visual Bayt Al-Qur’an, Asep Kambali, pendiri sekaligus Presiden Komunitas Historia Indonesia (KHI) memberikan tips kepada para pemandu di BQMI.

Selengkapnya...

Prinsip Dasar Pemandu: ‘Motion Create Emotion’

Jakarta - Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an menyelenggarakan pelatihan belajar menjadi seorang pembicara di depan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung. Pelatihan ini diselenggarakan khususnya untuk para pemandu di BQMI, di Gedung Bayt Al-Qur’an, TMII, Senin (24/2/2020).

Selengkapnya...

Tadarus Al-Qur’an, Pembinaan Pentashihan IIQ Jakarta

(Jakarta, 24/02/2020) Upaya pengenalan Lanjah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) terkait dengan tugas dan fungsinya terus dilakukan, salah satunya dengan Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Tidak hanya kegiatan, hal lain yang diperkenalkan diantaranya adalah Mushaf Al-Quran Standar Indonesia dan Surat Tanda Tashih yang dikeluarkan oleh LPMQ pada setiap mushaf yang diterbitkan dan dicetak di Indonesia. “Surat Tanda Tashih itu sebenarnya cuma selembar saja, tetapi proses mendapatkannya tidak sederhana, karana ada banyak proses dan pihak yang terlibat dalam terbitnya surat legalitas pentashihan mushaf Al-Qur’an tersebut”, demikian disampaikan Kepala LPMQ, Dr. H. Muchlis M, Hanafi pada sesi pertama kegiatan Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur’an kerjasama LPMQ dengan IIQ. Acara ini diselenggarakan di aula Kampus IIQ Jakarta dan diikuti mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Dakwah tingat terakhir dengan mengusung tema, “Tadarus Qur’an: Lebih Dekat Mengenal Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia.” Selain Kepala Lanjah, hadir sebagai pembicara pada acara ini Wakil Rektor III, Dr. Hj. Romlah Widayati, MA, Dr. Ulin Nuha, Lc, MA (Dekan Fakultas Ushuludin dan Dakwah), dan H. Deni Hudaeny, Lc, MA (Kepada Bidang Pentashihan LPMQ).

Selengkapnya...

FGD Penelitian Mushaf Pasca-MSI

Salah satu kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an tahun 2020 adalah penelitian Mushaf Al-Qur’an Cetak. Mengawali rangkaian kegiatan tersebut para peneliti mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 17 Februari 2020 yang membahas desain operasional penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang telah dilakukan tahun 2019 yang focus pada mushaf Al-Qur’an cetak pra diterbitkannya Mushaf Standar Indonesia (MSI) tahun 1984. Penelitian tahun 2020 ini melanjutkan penelitian sebelumnya yakni pasca diterbitkannya Mushaf Standar Indonesia.

Selengkapnya...

Menghitung Kebutuhan Fungsional Pentashih Bersama BKN

Para Pentashih Mushaf Al-Qur’an yang berkedudukan di Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), patut berbahagia dengan terbitnya Permenpan nomor 19 Tahun 2019 yang secara lugas menyebut pentashih sebagai jabatan fungsional di lingkungan Kementerian Agama. Jabatan ini masuk dalam rumpun keagamaan dan kategori keahlian. Ini berarti Kemenag punya jabatan fungsional baru setelah penyuluh agama dan penghulu. Ketiga jabatan fungsional ini langsung ditangani Kemenag sebagai badan Pembina.

Selengkapnya...

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4