Kajian Revisi dan Penyempurnaan Terjemahan Al-Qur'an Kemenag telah selesai dikerjakan oleh Tim Pakar pada akhir tahun 2018. Pada tahun 2019 hasil kajian tersebut memasuki tahap penyelarasan, utamanya terkait dengan pilihan diksi bahasa, agar cita rasa bahasanya lebih selaras, enak dibaca dan dapat diterima oleh lebih banyak kalangan.

Tim Kajian Revisi dan Pengembangan Terjemahan Al-Qur'an Kemenag melaksanakan sidang perdana tahun 2019 pada 12-14 Februari ini. Pada sidang tahun ini tim fokus menyelesaikan rumusan tema pada setiap kelompok ayat dan membaca ulang catatan kaki (footnote). Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ), Dr. Muchlis M. Hanafi, MA yang membuka secara langsung kegiatan ini menyampaikan, "Tugas tim dalam sidang tahun 2019 ini adalah finalisasi hasil kajian, merumuskan tema kelompok ayat, dan mencermati footnote." Terangnya di Bekasi, Selasa, (12/02).

 

Dalam rangka memperingati satu tahun bebas visa WNI ke Uzbekistan, Kementerian Pariwisata Uzbekistan menyelenggarakan pameran foto dengan tajuk “Uzbekistan Negeri Para Imam” di Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah, 7-17 Februari 2019.

Pameran dibuka Kamis, 7 Februari 2019 pukul 09.00 WIB oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Prof Abd Rahman Mas'ud, Ph.D. Duta Besar Uzbekistan yang sedianya akan hadir dalam acara ini diwakili oleh Mr Mahmud Tohtiev, Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan di Jakarta.  Hadir pula Prof Dr ES Margianti SE, MM, Rektor Universitas Gunadarma sebagai duta wisata Uzbekistan. Pembukaan pameran dilanjutkan dengan Seminar “Jejak Ulama Uzbekistan di Nusantara” yang menampilkan Dr Muchlis M Hanafi, Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, dan Dr Rijal Mumaziq, ahli sejarah Nusantara.

Salah satu tugas dan fungsi Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI adalah melakukan pembinaan kepada penerbit, percetakan dan masyarakat terkait Al-Qur'an. Di antara bentuk pembinaan dan juga sebagai layanan yang diberikan LPMQ adalah penyediaan bahan bacaan atau buku pembinaan yang disebut sebagai buku tanya jawab seputar pentashihan mushaf Al-Qur’an.

 

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Januari ini genap berusia 12 tahun. Informasi ini disampaikan oleh Kepala LPMQ, Muchlis M Hanafi dalam arahan dan sambutannya pada acara Sidang Reguler Pentashihan Mushaf Al-Qur’an pertama tahun 2019 di Bekasi (30/1).