Jagat Pesona: Seni rupa Jain, Hindu dan Islam di India

Jakarta (08/05/2014) - Kurator seni Asia dari Art Gallery of South Australia, James Bennett, kembali berkunjung ke Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal. Pada kunjungan kali ini ia mempresentasikan pameran yang sudah dilaksanakan di Art Gallery bertajuk “Realms of Wonder: Jain, Hindu and Islamic art of India” yang diterjemahkan menjadi: ”Jagat Pesona: Seni rupa Jain, Hindu dan Islam di India”. Pameran tersebut berlangsung dari 8 Oktober 2013 sampai dengan 29 Januari 2014. Acara diskusi diikuti juga oleh para pegawai museum dan anjungan yang ada di lingkungan TMII.

Utusan dari museum dan anjungan cukup antusias pada saat sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kasi Koleksi dan Pameran. Beberapa hal yang ditanyakan antara lain, bagaimana mengelola sebuah museum secara modern, cara membuat pameran yang dapat menarik minat pengunjung, termasuk judul sebuah pameran, juga bagaimana cara mendapat koleksi untuk pameran dan dari mana koleksi didapat.

Ada beberapa hal yang menarik pada bagian pameran seni rupa Islam, antara lain koleksi kain yang banyak ditemukan di Indonesia (Aceh) yang diproduksi di India dan diperjualbelikan di Indonesia sekitar abad 15 – 19 M.

Ceramah James Bennett kali ini merupakan ceramah kedua di Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal. Pada Mei 2011 ia pernah mempresentasikan tentang koleksi seni Islam di Art Gallery of South Australia, Adelaide.

Berita Terkait