Penguatan Nilai-nilai Al-Qur’an dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Palangkaraya (09/04/2015) - Sejak Tahun 2008-2012, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an telah menerbitkan dua puluh enam buku serial tafsir tematik dan sejak tahun 2010-2013 telah menerbitkan serial tafsir ilmi. Untuk mensosialisasikan hasil kajian tersebut, pada tahun 2015 LPMA melaksanakan kegiatan Sosialisasi hasil kajian perdana yang diselenggarakan di Palangka Raya Kalimantan Tengah pada tanggal 9 April 2015 dengan mengusung tema “Penguatan Nilai-nilai Al-Qur’an dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.”

Kegiatan ini dibuka oleh Kabag TU Drs. H. Masrawan, M.Ag yang mewakili Kepala Kanwil Kementerian Agama dan diikuti oleh 50 peserta ASN di wilayah Kanwil Kemenag Propinsi Kalimantan Tengah yang terdiri dari 10 peserta dari Kanwil Kemenag Propinsi dan 40 peserta yang terdiri dari kasi, pengawas, kepala KUA, guru madrasah, penghulu, penyuluh dan staf pelaksana di kankemenag kota Palangka Raya.

Pgs. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA. Memaparkan bahwa keberadaan LPMA merupakan salah satu bentuk dari ikhtiar pemerintah agar mushaf Al-Qur’an yang beredar di masyarakat terjaga kebenarannya baik dari segi tulisan dan cetakan. Kepala LPMA juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengawal kesucian dan keindahan Al-Qur’an. 

Selain itu Kepala LPMA juga memaparkan bahwa adanya pilihan salah satu produknya yang berupa tafsir tematis didasarkan pada kesadaran untuk menghindari dari pemahaman Al-Qur’an secara parsial atau sepotong-potong dan dapat menghadirkan makna Al-Qur’an secara utuh dan komprehensif.

Para peserta sosialiasi yang hadir di Aula Kementerian Agama Kalimantan Tengah ini merespon positif dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh LPMA. Hal ini dapat dilihat dari antusiasnya forum diskusi dan tanya jawab terkait Al-Qur’an mulia dari tema terjemahan, penafsiran hingga problematika terkini yakni pentatashihan Al-Qur’an versi digital. (SAS)

Berita Terkait