Tadabbur Al-Qur'an, menjawab dan membuktikan kebenaran wahyu Al-Qur’an

Bogor (16/04/2015) - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an kembali melaksanakan sidang penerbitan Tafsir Ilmi. Sidang diselenggarakan di Wisma Bahtera, Bogor, 16 – 18 April 2015, dihadiri oleh Pgs. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, para pejabat eselon III dan IV, para narasumber, dan tim penyusun penerbitan Tafsir Ilmi dari lingkungan Lajnah. Sidang ini menyusun draf yang siap dicetak tahun ini.

Setelah dicetak, Tafsir ini akan dibahas pada forum Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ulama Al-Qur’an yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2015. Untuk tahun 2015, tiga judul yang akan diterbitkan adalah Eksistensi Kehidupan di Alam Semesta, Kepunahan Makhluk di Bumi dan Mikroba. Diharapkan tema ini bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia dalam upaya memahami isi dan kandungan Al-Qur’an.

Menurut Dr Muchlis M. Hanafi, Pgs. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, Tafsir Ilmi sangat berpotensi untuk dikembangkan. Banyak tema dalam tafsir ini yang bagus untuk dikembangkan dalam bentuk lainnya, seperti menjadi bahan bacaan remaja, baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah. Tadabbur Al-Qur’an merupakan perkara yang amat penting, terlebih di zaman sekarang, untuk menjawab dan membuktikan kebenaran wahyu Al-Qur’an. Kajian ayat-ayat kauniyah perlu digalakkan, dan temanya perlu dikembangkan, sehingga nilai-nilai Al-Qur’an dapat terus tergali demi pengembangan ilmu pengetahuan. (IAP)

Berita Terkait