Menag: BQMI Upaya Kemenag Melestarikan Warisan Budaya Islam Nusantara

Jakarta (06/05/2015) – Milad Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) ke-18 kali ini dilaksanakan secara meriah dan dihadiri langsung oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin yang sekaligus meresmikan peluncuran produk-produk Kelitbangan, ebook Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi, dimulainya penulisan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia, dan pembukaan Pameran Berkala “Menelusuri Tinggalan Samudera Pasai”.

Menteri Agama menyatakan bahwa BQMI merupakan wujud kontribusi Kementerian Agama dalam mengembangkan salah satu destinasi wisata religi. Untuk itu revitalisasi BQMI harus terus dilakukan baik dari segi fisik maupun fungsi. Dari segi fisik, gedung yang megah ini harus dipelihara dengan baik, sedangkan dari segi fungsi, BQMI diharapkan menjadi jendela Islam Nusantara.

BQMI telah mendedikasikan dirinya sebagai pusat edukasi, konservasi dan rekreasi yang bernafaskan Islam, dan ini merupakan upaya Kementerian Agama dalam melestarikan warisan budaya dan keagamaan Islam Nusantara.

Berkaitan dengan tugas Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an sebagai pengelola BQMI, Menteri Agama menyatakan sudah tepat sesuai dengan Keputusan Menteri Agama No 3 Tahun 2007.[ags/aa]

Berita Terkait