Edukasi Qur’ani Melalui Aneka Lomba Qur’ani

Jakarta (02/06/2015) - Selama 3 hari sejak Selasa hingga Kamis (26-28/5), Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) dipenuhi oleh lebih dari 500 ratus orang siswa-siswi dan guru sekolah se-Jabodetabek. Tidak mengherankan, karena selama tiga hari itu, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (Lajnah) menyelenggarakan kegiatan Aneka Lomba Qur’ani (ALQ). Pesertanya adalah siswa-siswi tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Raudhatul Athfal (RA).

Penyelenggaraan ALQ tahun ini terasa lebih berwarna karena daerah asal peserta lebih banyak, tidak hanya dari DKI Jakarta, tetapi juga dari Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor. Dalam 5 penyelenggaraan ALQ sebelumnya, peserta hanya berasal dari 5 kotamadya dan 1 kabupaten administratif di DKI Jakarta. Perluasan jangkauan daerah asal peserta ternyata tidak sekadar memperkaya variasi kepesertaan, tetapi juga memperseru ketatnya persaingan juara. Terbukti, beberapa posisi dari 6 kategori juara yang diperebutkan pada setiap cabang lomba diisi oleh beberapa kotamadya/kabupaten “pendatang baru”.

ALQ merupakan salah satu sarana Lajnah dalam melakukan edukasi ke-Al-Qur’an-an khususnya bagi segmen pelajar. Kegiatan ALQ juga merupakan sarana sosialisasi kelembagaan, baik institusi Lajnah maupun BQMI. Tidak sedikit dari para guru pendamping/kepala sekolah yang hadir selama ALQ merasa bertambah wawasannya tentang keberadaan Lajnah dan BQMI, dan sebagian bahkan berencana untuk mengadakan kunjungan rekreasi edukatif ke BQMI bagi para siswa-siswinya.[A B] 

Berita Terkait