Kajian Tafsir Ilmi

Pembukaan Sidang Kajian dan Penyusunan Tafsir IlmiBogor (26/06/2015) - Bertepatan dengan tanggal 9 Ramadan 1436 H, atau pada HUT NKRI yang ke-72 menurut kalender hijriah, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama pada tahun 2015 melaksanakan Sidang Pleno Kajian dan Penyusunan Tafsir Ayat Kauniyah (Tafsir Ilmi) yang ketiga. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara LPMA dan LIPI. Dalam laporannya, Kepala LPMA menyampaikan bahwa kerja sama ini telah terjalin sejak 11 tahun yang lalu, yaitu sejak tahun 2004. Pada mulanya, tafsir ilmi terintegrasi pada tafsir tahlili (2004-2008), dan mulai tahun 2009 hingga saat ini tafsir ilmi disajikan per tema.

Selain dihadiri oleh segenap tim tafsir ilmi, Kepala LIPI berkesempatan hadir dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Kepala LIPI mengungkapkan bahwa kerja sama ini sangat penting dan perlu dilanjutkan, bahkan ditingkatkan. Agar dapat lebih dirasakan oleh masyarakat, buku-buku hasil kajian ini harus dipromosikan melalui berbagai media, seperti website, selain yang telah dilakukan melalui cara-cara konvensional.

Kepala Badan Litbang dan Diklat membuka secara resmi sidang pleno ini. Dalam arahannya, Kepala Badan mengapresiasi para penggagas kegiatan ini. Meskipun kegiatan ini dilaksanakan oleh tim yang kecil, pada satker yang kecil di Badan Litbang dan Diklat (LPMA), namun dapat menghasilkan karya yang luar biasa dan fenomenal. Upaya promosi yang disampaikan oleh Kepala LIPI diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan menyajikan produk-produk LPMA di Indonesian Corner yang akan diadakan di Eropa. Pada tahun ini tiga tema yang menjadi fokus pembahasan, yaitu gelombang elektromagnetik, fenomena kejiwaan manusia, dan gunung. [hf]

Berita Terkait