Sosialisasi Hasil Kajian Al-Qur’an di Rembang

Sosialisasi Hasil Kajian LPMARembang (04/10/2015) - Pada 4-6 Oktober 2015 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMA) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Hasil Kajian Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Anwar 3, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kegiatan dengan tema “Penguatan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara” itu dihadiri oleh sejumlah santri dan tokoh masyarakat. Pada kesempatan itu dibagikan beberapa buku terbitan LPMA, khususnya yang terkait dengan Al-Qur’an dan tafsir.

Acara dibuka oleh Dr. H. Muchlis M. Hanafi, M.A selaku Pgs. Kepala LPMA sekaligus menyampaikan presentasi tentang tema kegiatan, di samping menjelaskan tugas dan fungsi LPMA. Menurutnya, ada tiga tingkatan interaksi seorang muslim dengan Al-Qur’an, yaitu (1) membaca, menghafal, dan mendengarkan; (2) memahami dan menafsirkan; serta (3) pengamalan dan dakwah, menjadikan Al-Qur’an sebagai manhaj dan pedoman hidup.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar 3, Dr. KH. Abdul Gofur Maemun, M.A beserta undangan menyambut hangat kegiatan ini. Dalam sesi tanya jawab muncul berbagai pertanyaan, mulai dari penguatan lembaga LPMA sampai dengan hal rinci tentang rasm usmani. Peserta yang semula hanya dijadwalkan sebanyak 50 orang ternyata dihadiri lebih dari itu, dan menjadi bukti tingginya minat dan semangat para peserta dalam menimba ilmu Al-Quran. [hf]

Berita Terkait