Kunjungan Ketua STAIN dan Mahasiswa STAIN Kudus ke LPMQ

Kunjungan Mahasiswa STAIN KudusJakarta (27/5/2016) -  “Pelatihan Tashih Mushaf Al-Qur’an.” Demikian tema yang dibuat panitia kunjungan Ketua STAIN dan jajarannya bersama dengan 130 mahasiswa Ushuluddin STAIN Kudus ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ). Tema ini sengaja diangkat karena memang Ushuluddin menjadikan pentashihan sebagai salah satu mata kuliah di jurusannya. Selain dihadiri Ketua STAIN Kudus, Dr. H. Fathul Mufid, M.Si., acara kunjungan yang bertempat di Lt. 4 Gedung Bayt Al-Qur’an TMII ini juga dihadiri oleh Dr. Hj. Umma Farida, Lc, MA (Dekan Ushuluddin), H. Abdul Aziz Shidqi, MA (Kepada Bidang Pentashihan), H. Fahrur Rozi, MA (Seksi Pentashihan), dan Liza Mahzumah, S.Ag (Seksi Pembinaan dan Pengawasan Pentashihan).

“Kunjungan dan pelatihan ini dilakukan guna memberikan pemahaman kepada mahasiswa, khususnya Jurusan Ushuluddin, tentang proses dan praktik pentashihan yang dilakukan Lajnah”, demikian salah satu tujuan kunjungan yang disampaikan Dr. H. Fathul Mufid M.Si. Selain itu, pelatihan ini juga menjadi bahan catatan bagi  kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Ushuludin yang selama ini sudah dibekali dengan teori-teori pentashihan. Bagi Lajnah sendiri, kegiatan ini menjadi ajang sosialisasi LPMQ secara umum dan kegiatan pentashihan secara khusus yang memang belum banyak dikenal secara luas oleh masyarakat. Kujungan-kunjungan serupa, baik dari perguruan tinggi, dari lembaga dalam dan luar negeri, pondok pesantren, hingga majelis taklim, juga dijadikan sebagai sarana yang sangat strategis dalam rangka memperkenalkan Lajnah dan kegiatan-kegiatannya kepada masyarakat luas.

Mewakili Kepala Lajnah pada kesempatan acara ini, Kepala Bidang Pentashihan, H. Abdul Aziz Sidqi, MA menyampikan materi tentang profil Lajnah dan tentang kegiatan-kegiatan di bidang pentashihan. Di antara materi yang disampaikan dan mendapat respon yang cukup aktif dari mahasiswa adalah soal penanganan Al-Qur’an digital yang belakangan banyak beredar dan cenderung sulit dikontrol. Materi lain, yaitu tentang praktek pentashihan, kendala-kendala dan tantangannya disampaikan oleh H. Fahrur Rozi, MA sebagai pembawa materi kedua di acara ini. Melaui acara dan kegiatan seperti ini masyarakat diharapkan semakin mengerti LPMQ dengan tugas dan fungsi yang dijalankannya. Must

Berita Terkait