Pameran One Day One Juz, Bekasi

Olimpiade Pecinta Qur'an (OPQ) One Day One Juz yang diprakarsai oleh komunitas ODOJ pertama kali digelar di Islamic Centre Bekasi, tanggal 5 - 13 November 2016. OPQ diselenggarakan untuk mewujudkan impian komunitas ODOJ membudayakan baca Al-Qur'an di masyarakat. OPQ merupakan kegiatan berskala internasional karena komunitas ini diikuti oleh kurang lebih 100 orang yang tersebar hingga di 21 negara di dunia.

Acara dibagi menjadi tiga kegiatan, yaitu Perlombaan Utama yang diisi dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Hifzil Qur’an, dan Tafsir Qur'an; Festival Al-Qur'an; dan Tilawah Akbar. Selain itu, acara seminar dan workshop bertema “Membangun Karakter Keluarga Muslim”, lomba nasyid, hadrah, dan story telling turut memeriahkan kan acara ini. Sayangnya, perlombaan utama hanya diikuti oleh anggota ODOJ perwakilan setiap provinsi se-Indonesia.

Pada kegiatan Festival Al-Qur'an OPQ, Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal turut berpartisipasi dengan mengikuti pameran dan mengadakan beberapa kegiatan interaktif yang bernuansa Al-Qur'an. BQMI menempati stan no 11-14, posisi yang cukup strategis karena berada tepat di depan pintu masuk utama stan pameran. BQMI menyajikan tema "Sejarah Penyalinan Mushaf Al-Qur'an dari Masa ke Masa", dan menampilkan beberapa koleksi tema terkait, seperti repro Mushaf Masyhad Husain Kairo, Mushaf masa Dinasti Umayyah, Mushaf masa Dinasti Abbasiyyah, Mushaf masa Dinasti Mamluk, Mushaf masa Kerajaan Safawi, Mushaf masa Kerajaan Mughal, Mushaf masa Kerajaan Usmani di Turki, serta dua manuskrip mushaf Nusantara, yakni Mushaf La Lino Bima dan Mushaf Istiqlal.

Selain koleksi tersebut, BQMI juga menampilkan Mushaf Braille untuk diperkenalkan kepada masyarakat, juga Al-Qur'an dan Terjemah Kementerian Agama tahun 1965 sampai 2002. Koleksi yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah replika Mushaf Istiqlal yang berukuran cukup besar, 180 x 90 cm. Koleksi ini banyak digunakan sebagai background selfie maupun wefie para pengunjung. Pada Sabtu dan Minggu setelah pembukaan, tidak kurang dari 100 pengunjung ber-selfie di samping koleksi ini. Pameran BQMI seperti biasanya juga melaksanakan kegiatan interaktif di stan, yaitu khataman Al-Qur'an, hifzul Qur'an, tartil Qur'an, dan membaca Mushaf Braille. Pengunjung sangat antusias mengikuti kegiatan-kegiatan ini. Sebagai hadiahnya, BQMI pun menyediakan produk LPMQ untuk dibawa pulang para peserta.

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi penyemangat untuk membudayakan masyarakat muslim membaca dan menelaah Kitab Sucinya, harapan yang sejalan dengan impian ODOJ melalui OPQ perdana ini. Semoga, ke depan BQMI mampu memberikan informasi, pelayanan, dan edukasi yang lebih maksimal kepada masyarakat Indonesia. (Khik)

Berita Terkait