Redaktur Suhuf Terima Kunjungan Pengelola Jurnal Al-Bayan

Jakarta, 27/11/2018. Pengelola Jurnal Al-Bayan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati melakukan kunjungan ke Lajnah Pentashihan Al-Qur’an (LPMQ) guna melakukan sharing dan studi banding terkait pengelolaan Jurnal Suhuf yang diterbitkan oleh LPMQ Badan Litbang dan Diklat Kemenag. Studi banding ini dimaksudkan untuk menimba pengalaman masing-masing pengelola jurnal dalam menangani jurnal berbasis Open Journal System (OJS). Tim pegelola jurnal Al-Bayan diketuai oleh Kepala Jurusan IAT Fakultas Ushuludin UIN Bandung, Dr. Ali Masrur, MA. Dari Jurnal Suhuf, penerimaan dilakukan oleh Abdul Aziz Shidqi, MA, selaku Kepala Bidang Pengkajian di ruang TU Lt. 3 Gedung LPMQ.

“Kunjangan kami dari Al-Bayan dalam rangka menimba pengalaman Jurnal Suhuf dalam mengelola jurnal berbasis OJS, karena selama ini kami masih menanganinya secara manual. Ini kami lakukan mengingat tuntunan yang meniscayakan pengelolaan jurnal saat ini harus berbasis OJS,” demikian disampaikan  Ali Masrur.

“Secara garis besar, Suhuf adalah jurnal yang mempunyai fokus kajian Al-Quran, mengingat tugas dan fungsi LPMQ terkait dengan Al-Qur’an, dan juga karena di LPMQ ada peneliti yang memang concern kajiannya adalah Al-Qur’an,” demikian ditambahkan Abdul Aziz pada sesi pembukaan.

“Pada mulanya cakupan kajian Jurnal Suhuf adalah Al-Qur’an dan kebudayaan. Namun, seiring dengan tuntunan LIPI, selaku pihak penilai jurnal di lingkungan Kementerian, maka saat ini Suhuf hanya fokus pada satu tema besar, yakni kajian Al-Qur’an.” Demikian disampaikan Abdul Hakim, mewakili redaktur Suhuf. Terkait dengan sistem OJS yang diterapkan Suhuf, Harits Fadlly, selaku pengelola OJS Suhuf, menjelaskan bahwa Suhuf sesungguhnya masih terbilang baru dalam menerapkan OJS. Oleh karena itu, masih banyak hal juga yang perlu disempurnakan. Melalui acara ini, diharapkan ada kerja sama kedua belah pihak dalam kaitannya dengan pengelolaan jurnal. [Mustopa]

Berita Terkait