Penguatan Literasi Al-Qur’an dalam Bingkai Moderasi Beragama

Solo (11/03/2019) - Bertepatan dengan dies natalis salah satu kampus terkenal di Jawa Tengah tepatnya di kota Solo yaitu Universitas Negeri Sebelas Maret yang ke 43, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) selaku unit dibawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama melaksanakan satu kegiatan diseminasi hasil kajian Al-Qur’an dengan mengambil tema : Penguatan Literasi Al-Qur’an dalam Bingkai Moderasi Beragama.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat umum khususnya para mahasiswa tentang LPMQ serta produk-produk yang dihasilkan oleh LPMQ yang diharapkan dari produk-produk ini dapat memberikan pemahaman keagamaan yang moderat kepada para mahasiswa.

Literasi sebagaimana yang disampaikan oleh Abdul Aziz Sidqi selaku Kepala Bidang Pengkajian Al-Qur’an pada LPMQ dengan mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, setidaknya memiliki tiga pengertian, yaitu: 1. kemampuan menulis dan membaca; 2.  pengetahuan/ketrampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu; 3. kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Dengan tiga pengertian ini, literasi Al-Qur’an menjadi kemampuan menulis dan membaca Al-Qur’an, pengetahuan dalam bidang Al-Qur’an, dan kemampuan dalam mengamalkan Al-Qur’an. Hal ini lah yang harus kita kuasai terkait dengan Al-qur’an, Abdul Aziz menegaskan.

Disamping itu Abdul Aziz menyampaikan keprihatinannya terhadap umat Islam yang saat ini masih banyak yang tidak mampu membaca dan menulis Al-Qur’an. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat mahasiswa untuk menguatkan literasi Al-Qur’an menuju kehidupan beragaman yang moderat. (AR)

Berita Terkait