LPMQ Beri Penghargaan Kepada Tiga Penerbit Al-Qur’an Terbaik

Jakarta (08/04/2019) – Tiga penerbit mushaf Al-Qur’an dinobatkan menjadi penerbit Al-Qur’an terbaik tahun 2019 oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Penghargaan disampaikan dan diberikan bersamaan dengan acara Lokakarya Penerbitan Mushaf Al-Qur’an yang digelar LPMQ di aula Museum Istiqlal lantai 4, Taman Mini Indonesia Indah pada hari Senin, 8 April 2019.

Kepala Bidang Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, H. Deni Hudaeny Ahmad Arifin, M.A, mengatakan LPMQ memberikan penghargaan terhadap penerbit mushaf Al-Qur’an terbaik dalam tiga kategori yang dinilai pada tahun 2018. “Penghargaan ini, rentang waktu penilaiannya adalah tahun 2018. Jadi pada tahun 2018 kami melakukan penilaian dan evaluasi kepada para penerbit setelah proses permohonan surat tanda tashih selesai. Penghargaan ini meliputi Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terpatuh, Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terinspiratif, dan Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terinovatif,” ucap Deni sebelum membaca Surat Keputusan kepala LPMQ.

Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terbaik kategori Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terpatuh diraih oleh PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo. “kategori terpatuh ini adalah kami melakukan penilaian mulai dari proses pendaftaran sampai proses penyerahan mushaf dokumentasi kepada LPMQ. Ada dua belas langkah form penilaian. Mudah-mudahan pada tahun 2020 atau rentang waktu penilaian tahun 2019 ini, banyak penerbit yang masuk dalam nominasi kategori penerbit terpatuh ini,” terang Deni.

Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terbaik kategori Penerbit Mushaf Al-Qur’an Terinspiratif diberikan kepada Forum Pelayan Al-Qur’an (FPQ), Tangerang Selatan. “Maksud penerbit terinspiratif adalah penerbit yang telah mewakafkan file master mushaf Al-Qur’an kepada LPMQ untuk dapat digunakan oleh seluruh penerbit Al-Qur’an di Indonesia,” jelas Kabid Pentashihan.

Sedangkan penerbit Mushaf Al-Qur’an Terbaik kategori penerbit Mushaf Al-Qur’an Terinovatif jatuh kepada PT. Cordoba Internasional Indonesia, Bandung. “Kategori ini kami nilai bahwa penerbit telah berinovasi sekian banyak ragam mushaf Al-Qur’an yang disediakan untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia,” kata Kabid Pentashihan.

Kabid Pentashihan berharap mudah-mudahan penghargaan ini menjadi inspirasi bagi para penerbit Al-Qur’an dalam menghadirkan mushaf Al-Qur’an yang indah, baik dan benar melalui prosedur pentashihan di tahun-tahun yang akan datang. Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kepala LPMQ setelah pembacaan SK Kepala Lajnah oleh Kabid Pentashihan. (MZA)

Berita Terkait