LPMQ Siap Gelar Ijtima’ Ulama’ Al-Qur’an

Jakarta (24/06/2019) - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI siap menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional Ulama Al-Qur’an Tingkat Nasional. Acara yang melibatkan 110 akademisi, pakar, dan ulama Al-Qur’an Indonesia ini akan digelar di hotel El Royal Bandung, selama tiga hari pada tanggal 8-10 Juli 2019.

Kepala LPMQ, Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA. menjelaskan bahwa nama forum Musyawarah Kerja Nasional Ulama Al-Qur’an tahun 2019 adalah Ijtima’ Ulama’ Al-Qur’an Tingkat Nasional. Sedangkan tema yang diambil dalam gelaran Ijtimak kali ini adalah “Uji Sahih Terjemahan Al-Qur’an Edisi Penyempurnaan”. Ia berharap dapat menjaring saran dan masukan dari para akademisi, pakar dan ulama Al-Qur’an terkait penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama.

“Melalui ijtimak, para ulama dan pakar Al-Qur’an diharapkan dapat memberikan catatan dan masukan terkait penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama. Hasil dari masukan tersebut akan menjadi bahan perbaikan dan pertimbangan bagi penerbitan terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama selanjutnya. Melalui ijtimak pula, berbagai ide atau topik kontemporer seputar pemahaman Al-Qur’an akan kita gali sehingga LPMQ di masa yang akan datang dapat melakukan kajian yang relevan terkait permasalahan di masyarakat,” kata Muchlis dalam rapat persiapan penyelenggaraan ijtimak di kantor LPMQ, Jakarta.

Muchlis menjelaskan, ada dua agenda utama dalam acara Ijtimak Ulama Al-Qur’an; Seminar Penerjemahan Al-Qur’an dan pembahasan Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan Kementerian Agama.

“Seminar penerjemahan akan mendiskusikan kajian seputar penerjemahan Al-Qur’an yang akan diisi oleh beberapa tokoh dan ulama. Sementara pembahasan terjemahan Al-Qur’an edisi penyempurnaan akan dibagi menjadi tiga kelompok kerja. Masing-masing anggota kelompok kerja menelaah dan diskusi serta memberikan masukan terhadap draft penyempurnaan terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama,” ungkap Kepala LPMQ.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengkajian Al-Qur’an, Dr. Reflita Latifah, mewakili panitia penyelenggara menyampaikan pihaknya sejauh ini telah mempersiapkan acara secara maksimal. Seluruh narasumber, tim pakar dan peserta telah terkonfirmasi kehadirannya. Pihaknya juga telah mengantisipasi dampak perpindahan operasional Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara International Jawa Barat (BIJB) atau Kertajati, Majalengka bagi para peserta Ijtimak Ulama Al-Qur’an. (MZA)

Berita Terkait