Rekomendasi Mukernas Ulama Al-Qur'an 2011

Foto Suasana Sidang Pokja IV Membahas Buku Tafsir IlmiJakarta (24/06) - Musyawarah Kerja Ulama Al-Qur’an yang telah dilaksanakan di Mataram tanggal 21-23 Juni 2011 ini membahas 13 buku Tafsir Tematik yang disusun tahun 2007 dan diterbitkan tahun 2008, masing-masing berjudul (1) Hubungan antar-Umat Beragama, (2) Al-Qur'an dan Pemberdayaan Kaum Duafa, (3) Membangun Keluarga Harmonis, (4) Pembangunan Ekonomi Umat, (5) Kedudukan dan Perang Perempuan, (6) Etika Berkeluarga, Bermasyarakat, dan Berpolitik, (7) Pelestarian Lingkungan Hidup, (8) Kesehatan dalam Perspektif Al-Qur'an, (9) Spiritualitas dan Akhlak, (10) Kerja dan Ketenagakerjaan, (11) Keniscayaan Hari Akhir, (12) Pendidikan, Pembangunan Karakter, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, serta (13) Hukum, Keadilan dan Hak Asasi Manusia.

Di samping ke-13 buku dalam seri Tafsir Tematik tersebut, terdapat tiga buku Tafsir Ilmi yang disusun pada 2009 dan diterbitkan tahun 2010, juga menjadi bahan pembahasan serta kajian Mukernas. Ketiga tafsir ilmi tersebut berjudul (1) Penciptaan Jagat Raya dalam Perspektif Al-Qur'an dan Sains, (2) Penciptaan Bumi dalam Pespektif Al-Qur'an dan Sains, dan (3) Penciptaan Manusia dalam Pespektif Al-Qur'an dan Sains. Dengan demikian, total produk Lajnah yang dibahas pada Mukernas kali ini berjumlah 16. Ke-16 buku tersebut dibagi ke dalam empat kelompok kerja (pokja) yang dipilah berdasarkan tahun penerbitan serta kategori buku. Pokja I membahas Tafsir Tematik terbitan tahun 2008, Pokja II membahas tafsir tematik terbitan tahun 2009, Pokja III membahas Tafsir Tematik terbitan tahun 2010, dan Pokja IV membahas Tafsir Ilmi terbitan tahun 2010.

Pada acara penutupan, Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA selaku panitia membacakan rekomendasi Mukernas, yaitu: (1) Memberikan apresiasi penuh terhadap upaya Kementerian Agama RI dalam meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama melalui pemahaman kitab suci secara baik dan benar dengan menyusun dan menerbitan Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi, (2) Memberikan dukungan kepada Kementerian Agama RI untuk keberlangsungan tim penyusun Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi yang berlatar belakang keahlian ilmu berbeda menjadi tim kerja yang saling melengkapi, (3) Saran, masukan, dan catatan dari forum Musyawarah Kerja Ulama Al-Qur’an menjadi bahan untuk penyempurnaan Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi edisi berikutnya, (4) Mendorong Kementerian Agama RI untuk mensosialisasikan karya-karya Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan berdasarkan masukan para peserta Musyawarah Kerja Ulama Al-Qur’an, (5) Memperkuat jaringan kerja sama antara pakar Al-Qur'an dan ilmu pengetahuan, baik personal maupun institusional, sehingga proses kajian Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi semakin mendalam dan komprehensif, (6) Menghimbau kepada masyarakat luas agar dalam memahami Al-Qur’an tidak hanya berpegang pada terjemahan Al-Qur’an mengingat keterbatasan dan kelemahan yang dimiliki oleh setiap terjemahan. Oleh karenanya, pemerintah perlu menerbitkan karya tafsir yang mudah dipahami dan dijangkau oleh semua lapisan masyarakat, (7) Mendorong Kementerian Agama agar menyusun tafsir Al-Qur'an yang ringkas/singkat (al-wajiz), melengkapi terjemah dan tafsir Al-Qur'an yang sudah ada, (8) Melakukan kajian dan penelitian terkait maraknya penerbitan terjemah Al-Qur'an perkata, dan korelasinya dengan peningkatan pemahaman masyarakat terhadap Al-Qur'an, (9) Membuat langkah-langkah strategis guna meningkatkan pemahaman yang moderat dan komprehensif terhadap Al-Qur'an dalam menjawab tantangan globalisasi, dan (10) Meningkatkan peran serta dan kerja sama antara umara dengan ulama dalam memasyarakatkan pemahaman Al-Qur'an yang komprehensif dan moderat.

Selain membuka Mukernas, Gubernur Nusa Tenggara Barat juga menutup Mukernas sekaligus beramah tamah bersama para peserta di pendopo kantor gubernur. Dalam sambutannya, ia sangat berterima kasih atas pelaksanaan Mukernas di Mataram dan menyambut baik kegiatan-kegiatan serupa untuk kembali dilaksanakan di kota seribu masjid tersebut.[hf]

Berita Terkait