Mahasiswa UIN Yogyakarta Belajar Aplikasi Qur'an Kemenag in Word

(Yogyakarta, 17/09/2019). Salah satu materi Pembinaan Pentashihan Mushaf Al-Qur'an di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah penggunaan aplikasi Quran Kemenag in word yang disampaikan oleh Tuti Nurhayati. S.Th.I, Kepala Seksi Pentashihan Mushaf Al Quran di Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kemenag RI.

"Quran Kemenag in Word adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh para akademisi, peneliti, penerbit buku dan masyarakat yang hendak menulis ayat Al Qur'an sesuai standar Kementerian Agama," demikian ujar Tuti Nurhayati.

Selanjutnya dijelaskan, "Aplikasi Qur'an Kemenag in Word dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia, terjemah bahasa Inggris, transliterasi, Tafsir Ringkas serta Al-Qur'an Tafsirnya (Tafsir Tahlili) Kementerian Agama. Dilengkapi pencarian ayat berdasarkan kosakata Al-Qur'an maupun terjemahannya. Semoga dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan para mahasiswa mencari dan menulis ayat Al-Qur'an beserta terjemahan dan tafsirnya."

Perlu diketahui, aplikasi Quran Kemenag in Word menggunakan tulisan Ustadz Isep Misbah yang dikembangkan dalam bentuk font. (anq)

Berita Terkait