Pembinaan Pentashihan di UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta

(Yogyakarta/17/9/2019) Dalam rangka memperkenalkan Mushaf Al-Quran Standar Indonesia, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan acara Pembinaan Pentashihan pada 17 September 2019 bertempat di Aula Gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri. “Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan profil LPMQ dan mengenalkan ilmu-ilmu Al-Qur`an yang terkait pentashihan.” Demikian disampaikan Deni Hudaeni, M.A., Kepala Bidang Pentashihan dalam laporannya.
Lebih lanjut tujuan acara Pembinaan Pentashihan disampaiakan oleh Kepala LPMQ Dr. Muchlis M. Hanafi, MA. "Melalui kegiatan pembinaan pentashihan ini kita ingin mencari kawan di kampus, karena apa yang kami lakukan di LPMQ beririsan kuat dengan apa yang dilakukan teman-teman di kampus ini. Bagaimana kita bersama-sama mengawal Mushaf Standar Indonesia dan menghidupkan kembali ilmu-ilmu terkait teks Al-Qur`an seperti rasm, dhabt dan waqf ibtida', karena LPMQ diberi tugas dan kewenangan oleh pemerintah untuk menangani soal Al-Qur`an, mulai dari teksnya, pemaknaannya dan konservasinya. Di samping itu juga kami ingin berbagi produk LPMQ dalam bentuk “Quran Kemenag in Microsoft Word”. Produk ini memudahkan peneliti, akademisi mengakses teks Al-Qur`an yang dilengkapi dengan terjemahan dan tafsirnya.”
Ajakan ini disambut hangat oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. KH. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D. yang menyampaikan terima kasih kepada LPMQ diajak berkawan dalam otoritasnya terkait mushaf Al-Qur`an, karena besar-kecilnya sebuah otoritas itu juga tergantung jaringannya. Dalam ilmu rijalul hadis disebutkan besar kecilnya jaringan juga tergantung dengan siapa bersilaturrahmi. Semoga ini adalah awal dari terjalinnya silaturrahim dan kerjasama antara UIN Sunan Kalijaga dan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an untuk memperkuat kajian Al-Qur`an.
Acara ini diikuti oleh sejumlah Dosen UIN, mahasiswa di lingkungan UIN yang concern dengan kajian Al-Qur’an. Turut hadir dalam acara ini Dr. Phil. Sahiron MA, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. (anq)

Berita Terkait