LPMQ Siap Rilis Qur’an Kemenag In Microsoft Word

Jakarta (13/09/2019) – Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) akan merilis satu lagi produknya pada gelaran ekspos produk kelitbangan pada hari Selasa, 24 September 2019. Menurut Kepala LPMQ, produk yang akan dirilis nanti adalah Qur’an Kemenag in Microsoft Word atau disingkat QKIW.

“Persembahan dari Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Qur’an Kemenag in Microsoft Word. Aplikasi berupa add-ins yang dapat berjalan di Microsoft Word pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows,” kata Muchlis di kantor LPMQ pada hari Jum’at, 13 September2019.

Muchlis menambahkan bahwa hadirnya Qur’an Kemenag in Microsoft Word adalah upaya LPMQ untuk memasyarakatkan Mushaf Standar Indonesia (MSI) dan menghadirkan kemudahan bagi masyarakat untuk mengutip teks ayat Al-Qur’an ke dalam dokumen Microsoft Word sesuai Mushaf Standar Indonesia.

“Qur’an Kemenag in Microsoft Word adalah produk keal-qur’anan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim terutama dunia akademis akan kemudahan akses untuk mengutip teks ayat Al-Qur’an secara benar dan mudah sesuai dengan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia,” lanjut kepala LPMQ.

Lebih lanjut, Muchlis menjelaskan beberapa fitur yang ada dalam Qur’an Kemenag in Microsoft Word, di antaranya, pertama, menggunakan fon dan teks ayat sesuai Mushaf Standar Indonesia. Kedua, dilengkapi dengan tafsir lengkap Kemenag 30 juz. Ketiga, tafsir ringkas Kemenag 30 juz. Keempat, terjemahan Al-Qur’an Kemenag tahun 2002. Kelima, terdapat fitur penjelajahan dan pencarian kata pada teks ayat, terjemahan, dan tafsir baik tafsir lengkap maupun ringkas.

“Ke depan, Qur’an Kemenag in Microsoft Word akan terus dikembangkan. Di antaranya adalah penambahan terjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah,” pungkas Muchlis. (MZA)

Berita Terkait