Terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama Edisi Penyempurnaan Tahun 2019 Akan Diluncurkan

 

Kementerian Agama melalui Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat akan meluncurkan Terjemahan Al-Qur’an Kementerian Agama Edisi Penyempurnaan Tahun 2019. Terjemahan tersebut akan diluncurkan secara langsung oleh Menteri Agama H. Lukman Hakim Saifuddin pada Senin (14/09) di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Akan turut hadir dalam kegiatan ini 150 tamu undangan, wakil dari berbagi ormas keagamaan, seperti Muhammadiyah, NU, MUI, tokoh masyarakat, para penggiat Al-Qur’an, para pejabat di Kementerian Agama, Tim Penyempurnaan Terjemahan Al-Quran, dan mahasiswa dari beberapa universitas Islam.

Menurut Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Dr. Muchlis M. Hanafi, MA, selaku penanggung jawab kegiatan ini, selain Terjemahan Al-Qur’an Kemenag edisi Penyempurnaan, dalam kegiatan ini juga akan diluncurkan tiga produk hasil kajian lainnya, yaitu Master Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia Rasm Ustamani terbaru, Pangkalan Data Mushaf Al-Qur’an Nusantara, dan Jabatan Fungsional Pentashih.

Sekilas tentang empat produk yang akan diluncurkan, Muchlis menjelaskan, sejak diterbitkan pertama kali pada tahun 1965, Terjemahan Al-Quran Kementerian Agama telah tiga kali mengalami penyempurnaan, yaitu tahun 1989, 2002 dan 2019.

Penyempurnaan ketiga dimulai pada tahun 2016 dan selesai pada pertengahan tahun 2019. Proses tersebut membutuhkan waktu selama 3,5 tahun, dilaksanakan oleh 15 orang pakar Al-Qur’an, ulumul Qur’an, tafsir Al-Qur’an, bahasa Arab, dan dibantu oleh empat orang pakar bahasa Indonesia.

Master Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (MSI) adalah teks terbaru yang siap dicetak untuk masyarakat Indonesia. LPMQ memberikan dukungan penuh atas inisiatif Pusat Studi Al-Quran pimpinan Prof. Dr. M. Quraish Shihab untuk menulis kembali MSI. Naskah master mushaf ini dihibahkan oleh Pusat Studi Al-Quran kepada pemerintah untuk dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Penulisnya adalah H. Isep Misbah, salah satu kaligrafer terbaik Indonesia.

Adapun Pangkalan Data Mushaf Al-Qur’an Nusantara adalah website yang dikelola LPMQ, berisi himpunan data digital mushaf Al-Qur’an dari Asia Tenggara dalam bentuk manuskrip, Al-Quran cetak, Al-Qur’an Braille, dan Al-Quran versi digital. Data yang ditampilkan merupakan hasil dari kegiatan penelitian dan digitalisasi tim peneliti LPMQ selama 5 tahun. [bp]

Berita Terkait