Karakteristik Mushaf Standar Braille Indonesia

Foto Halaqoh Tentang Karakteristik Mushaf Standar BrailleJakarta (15/11/2011) - Halaqah berjudul “Karakteristik Mushaf Standar Braille Indonesia” kali ini menjadi penutup rangkaian Halaqah Al-Qur’an dan Kebudayaan Islam yang dilaksanakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dalam setahun ini. Tiga Halaqah sebelumnya telah dilaksanakan pada bulan Februari berjudul “Mengenal Mushaf Standar Usmani Indonesia: Studi Komparasi atas Mushaf Standar Usmani, 1983 dan 2002”, bulan Maret dengan judul “Akulturasi Budaya pada Bangunan Masjid Tua di Cirebon: Studi Kasus atas Masjid Kaliwulu”, dan bulan September berjudul “Mengurai Jejak Qira’ah ‘Ashim Riwayat Hafs di Indonesia.

Tema ini diangkat sebagai salah satu upaya sosialisasi mushaf standar seperti yang tertuang dalam KMA no. 25 tahun 1984. Hal ini merupakan rangkaian kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan Lajnah, seperti penulisan pedoman Mushaf Braille, penulisan mushaf Al-Qur’an 30 juz dan terjemahnya, dan sidang pleno Mushaf Braille. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan saudara-saudara tunanetra Muslim.

Menurut Kepala Bidang Pentashihan, Abdul Aziz Sidqi, ketika mewakili Kepala Lajnah membuka Halaqah ini, tujuan kegiatan ini paling tidak sebagai pengenalan awal, khususnya bagi para pegawai Lajnah, terhadap Mushaf Standar Braille, sehingga bisa memberikan pengetahuan dan informasi awal kepada masyarakat.

Lebih lanjut, rangkaian kegiatan yang berkenaan dengan Mushaf Braille ini mendapatkan apresiasi sangat baik dari Kepala Badan Litbang dan Menteri Agama. Bahkan sebagai bukti dukungannya, Menteri Agama berencana me-launching Mushaf Braille dan Terjemahnya yang saat ini dalam proses pencetakan.

Seperti halaqah-halaqah sebelumnya, kegiatan ini diikuti oleh para pegawai Lajnah dan beberapa praktisi mushaf Braille. Dalam acara ini yang bertugas sebagai pemakalah adalah Ahmad Jaeni, S.Th.I, dengan dua narasumber, yaitu Drs. H. E. Badri Yunardi, M.Pd dan Ridwan Effendi, M.Ag. Kegiatan ini berlangsung selama sehari penuh, bertempat di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah.[im]

Berita Terkait