Produk LPMQ Tahun 2019

Jakarta – 31 Desember 2019. Dalam kurun Tahun Anggaran 2019, kegiatan yang dilaksanakan oleh LPMQ setidaknya menghasilkan 18 produk yang telah dan akan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas, baik kalangan akademisi maupun masyarakat secara umum. Produk tersebut, antara lain:

  1. Terjemahan Al-Qur’an edisi penyempurnaan.
  2. Paket Buku Tafsir Ilmi, sebanyak 20 judul.
  3. Buku hasil penelitian.
  4. Buku Pedoman Pentashihan.
  5. Jurnal Suhuf (2 edisi). Dapat diakses melalui link https://jurnalsuhuf.kemenag.go.id/suhuf.
  6. Buku Tanya Jawab tentang Mushaf Standar Indonesia.
  7. Naskah kajian dan pengembangan Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia (Waqaf, Ibtida, dan Dhabt).
  8. Aplikasi Al-Qur’an versi Android. Dapat diunduh melalui playstore dengan nama Qur’an Kemenag.
  9. Font Al-Qur’an Kemenag, adalah font yang mendukung penulisan Mushaf Standar Indonesia dalam format true type font (ttf) yang bekerja sama dengan kaligrafer Isep Misbah. Sehingga font tersebut dinamakan font LPMQ Isep Misbah. Font tersebut dapat diunduh melalui link https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan.
  10. Pangkalan Database Mushaf Al-Qur’an Nusantara (Database of Southeast Asian Mushaf), dapat diakses melalui link seamushaf.kemenag.go.id. Database ini menampilkan mushaf Al-Qur’an di Asia Tenggara dalam bentuk manuskrip, cetakan, dan huruf Braille. Pangkalan data ini bertujuan untuk (1) memperkenalkan khazanah mushaf Al-Qur’an Nusantara sebagai bagian dari warisan dunia Islam; (2) menyediakan infrastruktur kajian mushaf Al-Qur’an Nusantara yang dapat dimanfaatkan secara luas; dan (3) memudahkan akses berbagai koleksi mushaf Al-Qur’an Nusantara bagi para mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat umum.
  11. Layanan Tashih Online, yang dapat diakses melalui link https://tashih.kemenag.go.id/. Melalui website ini, perusahaan penerbit, Lembaga Pemerintah, dan Yayasan dapat mengajukan permohonan Surat Tanda Tashih dan/atau Surat izin Edar untuk mushaf Al-Qur'an yang akan diedarkan di Indonesia. Selain itu, masyarakat juga dapat melaporkan aduan seputar mushaf Al-Qur'an dan mengecek Surat Tanda Tashih mushaf Al-Qur'an.
  12. Naskah akademik pengembangan Bayt Al-Qur’an. Merupakan blueprint hasil Kajian Kuratorial dan perancangan pengembangan Bayt Al-Qur'an yang bekerjasama dengan Universitas Gunadharma.
  13. Aplikasi Qur’an Kemenag In Microsoft Word. Merupakan program berupa add-in Microsodt Word yang pertama kali dikembangkan oleh Muhammad Taufiq sejak tahun 2005. Pada perkembangan selanjutnya, LPMQ yang secara khusus bertugas menjaga kesahihan Al-Qur’an di Indonesia bekerjasama dengan Muhammad Taufiq untuk menyesuaikan add-in Qur’an Word dengan Mushaf Standar Indonesia (MSI) serta menambah beberapa fasilitas seperti Tafsir Tahlili, Tafsir Ringkas, Terjemahan bahasa Indonesia tahun 2002 dan Font Mushaf Standar Indonesia, dengan tetap mempertahankan konten yang ada berupa Terjemahan Bahasa Inggris. Sampai saat ini Qur’an Kemenag in MS Word sudah diunduh sampai 94.861 kali. Qur’an Kemenag in Microsoft Word dapat diunduh melalui link https://lajnah.kemenag.go.id/unduhan.
  14. Booklet BQMI. Merupakan buku yang berisikan informasi kepada masyarakat luas tentang LPMQ, Bayt Al-Qur’an, museum Istqlal dan serba serbi tentang layanan kunjungan BQMI.
  15. Produksi berita dan vlog yang akan disebarkan melalui media sosial, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat segala pengetahuan yang berhubungan dengan Al- Quran, seperti rasm usmani, Al-Quran Braille dan lain-lain.
  16. Film animasi yang bertemakan tentang moderasi Islam. Judul film tersebut yaitu: 1) Moderasi; 2) Persatuan; 3) Moderat Yes Radikal No; 4) Sesal di Ujung Layar; dan 5) Alin dan Aisyah.
  17. Hasil Kajian Berbasis E-Publikasi. Merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas netra agar dapat menikmati hasil kajian LPMQ. Kegiatan ini bekerjasama dengan Yayasan Mitra Netra dan memasukkan ke dalam aplikasi (meng-E-Publikasi) Tafsir Tahlili sebanyak 15 Juz dan buku Keutamaan Al-Qur’an.
  18. Pustaka Lajnah, menampilkan buku-buku tafsir hasil kajian LPMQ yang dapat diunduh secara gratis melalui link pustakalajnah.kemenag.go.id. (fz)

Berita Terkait