Aneka Lomba Qur’ani 2011

Jakarta (8/12/2011) – Dalam rangka menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur’an, Lajnah kembali menyelenggarakan agenda tahunan, yaitu Aneka Lomba Qur’ani 2011. Aneka Lomba Qur’ani 2011 yang mengusung tema “Al-Qur’an Pedoman Hidupku” ini adalah kegiatan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diselenggarakan pada 2009 dan 2010. Penyelenggaraan kembali kegiatan ini diinspirasi oleh tingginya animo peserta pada tahun-tahun sebelumnya.

Perlombaan ini melibatkan peserta dari dua tingkatan usia, yaitu siswa-siswi Raudhatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-DKI Jakarta. Perlombaan dilaksanakan dalam dua waktu, yaitu 6 Desember 2011 untuk tingkat RA, dan 8 Desember 2011 untuk tingkat MI. Keseluruhan lomba yang bertempat di Gedung Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal ini diikuti oleh 326 peserta RA dan 343 peserta MI.

Selain anak-anak peserta didik, acara yang dikemas dalam bentuk edutainment ini juga melibatkan orang tua dan pihak sekolah. Agak berbeda dari tahun lalu, lomba tahun ini diikuti lebih banyak peserta karena ada penambahan cabang lomba, yaitu lomba salat berjamaah tingkat RA dan lomba cerdas cermat Al-Qur’an tingkat MI. Antusiasme peserta RA terlihat di seluruh cabang lomba yang meliputi lomba membaca Iqro’, lomba hafalan surah pendek, lomba hafalan doa harian dan terjemahannya, lomba menggambar, serta lomba salat berjamaah. Sementara peserta MI juga tak kalah semangat menyelesaikan tantangan pada cabang lomba membaca Al-Qur’an, lomba hafalan surah pendek, lomba saritilawah, lomba kaligrafi, serta lomba cerdas cermat Al-Qur’an.

Adapun penilaian lomba dilakukan oleh Dewan Hakim yang merupakan ahli dan praktisi dari beberapa institusi, yaitu Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ), Jakarta; Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ), Jakarta; Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMA); Taman Mini Indonesia Indah (TMII); dan Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (Lemka), Jakarta.

Sebagai bentuk penghargaan kepada pemenang, panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai, total 86,5 juta rupiah untuk juara I hingga juara harapan III, tingkat RA dan MI untuk sepuluh cabang yang dilombakan. Selain membawa pulang hadiah uang tunai, para juara pun berhak mendapatkan piala plus piagam penghargaan serta voucher gratis wahana Sky Lift dan Teater Imax Keong Mas TMII. Pemenang diharapkan tak hanya menjadi “jawara” dalam Aneka Lomba Qur’ani 2011 ini saja, namun juga di arena lain dalam lingkup yang lebih luas dan kompetitif.[if]

Berita Terkait