Peningkatan Wawasan dan Kemampuan Pegawai LPMA

Foto Kegiatan Peningkatan Wawasan dan Kemampuan Pegawai LPMAJakarta (1/2/2012) – Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pegawai  dalam hal dokumentasi audio visual, pada tanggal 1 Februari 2012 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an mengadakan kegiatan peningkatan wawasan dan kemampuan pegawai  dengan materi mengenai video shooting dan video editing. Acara diselenggarakan di Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah, dihadiri lebih dari 30 orang pegawai sebagai peserta.

H. Suja'i, S.Ag, MM, Kepala Seksi Dokumentasi dan Kepustakaan Lajnah, memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan perlunya peningkatan kemampuan pegawai, terutama yang berada di bawah Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi,  khususnya dalam keterampilan pendokumentasian untuk mengemban tugasnya.

Narasumber pertama yaitu Iwan Agus Purwanto, MM dari Antara yang juga direktur pada suatu rumah produksi, menyampaikan materi  “Teknik Dasar Kameraman”.  Dalam kesempatan itu Iwan menjelaskan bagaimana cara mempersiapkan setting kamera video meiiputi exposure, white balance, zoom, focus, audio level dan bagaimana mengoperasikannya. Setelah itu peserta diajak untuk mempraktekkan secara langsung.

Materi kedua, “Teknik Editing Video” dipandu oleh Elroy Robinson Hilliard. Pada sesi ini, Elroy menyampaikan bagaimana melakukan proses editing gambar hasil shooting dengan cara memotong gambar ke gambar (cut to cut), atau menggabungkan beberapa gambar dengan menyisipkan transisi tertentu, memanfaatkan perangkat lunak Adobe Premiere CS5.[rz]

Berita Terkait