Kunjungan Mahasiswa IAIN Cirebon dan Siswa Sekolah

Foto Kunjungan Mahasiswa IAIN Cirebon dan Santri Pasca Tahfiz PSQPada Kamis pagi (3/2), Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an kedatangan tamu mahasiswa Jurusan Tafsir Hadis IAIN Syeikh Nurjati, Cirebon, berjumlah 40 orang, dipimpin oleh Bapak Wefa Fadli. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mereka selama satu minggu di Jakarta. Tujuan mereka untuk mengenal Bayt al-Qur’an & Museum Istiqlal, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, serta mengetahui Mushaf Standar Indonesia.

Mereka diterima oleh Dr. Muchlis M. Hanafi, MA, Kepala Bidang Pengkajian Al-Qur’an, yang memberikan ceramah tentang dinamika Al-Qur’an kontemporer, khususnya mengenai problematika penerjemahan Al-Qur’an yang akhir-akhir ini menjadi perhatian sebagian masyarakat. Setelah berkeliling Bayt al-Qur’an mereka diterima oleh Kepala Lajnah di ruang seminar lantai 4 Museum Istiqlal.

Kepala Lajnah, Drs H. Muhammad Shohib, MA memaparkan sekilas tentang Lajnah, tugas-tugas, serta produk-produk yang sudah dihasilkannya. Beberapa di antaranya, yaitu buku dan Jurnal Suhuf, dibagikan kepada setiap peserta PKL. Dijelaskan juga bahwa Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia disusun oleh para alim ulama Indonesia. Pada sesi terakhir, Zainal Arifin Madzkur, anggota tim pentashih Lajnah, memberikan paparan tentang Mushaf Standar Indonesia. Seusai paparan, para peserta diberi kesempatan untuk berdiskusi tentang tema aktual terkait Al-Qur’an.

Pada hari yang sama, Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal juga kedatangan dua rombongan lain, yaitu SDIT “al-Asr” Puspasari, Citerep, Bogor, berjumlah 207 peserta. Dipimpin oleh Bapak Feri Apriya S.Pd.I., rombongan ini dipandu oleh Hikmawati Lc dan Ida Fitriani S.I.Kom. Para siswa SDIT ini diperkenalkan apa itu mushaf Al-Qur’an, Al-Qur’an terbesar, tertua, dan lain-lainnya. 

Adapun rombongan lainnya datang menjelang sore, yaitu murid-murid SMPN 1 Daru Indah, Jambe, Tangerang, berjumlah 210 siswa, diketuai oleh Bapak Lukmanul Hakim.[ahs]

Berita Terkait