Sosialisasi Produk Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an

Foto Kepala Balitbang Membuka Acara Sosialisasi Produk LPMAMedan (09/05/2012) - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat telah melaksanakan kajian dan penyusunan buku Tafsir Tematik, Tafsir Ilmi, Pedoman Membaca dan Menulis Huruf Braille, sertaJuz Amma dan Terjemahnya Brailleyang telah selesai dicetak perdana pada tahun 2011. Dalam rangka mensosialisasikan produk-produk tersebut serta menjaring masukan sebelum diedarkan kepada masyarakat luas, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an menyelenggarakan sosialisai buku-buku tersebut di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 7-9 Mei 2012.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Madani, Medan, ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Prof. Dr. H. Machasin, MA, didampingi Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Drs. H. Muhammad Shohib, MA, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara.

Kegiatan yang dihadiri oleh para ulama, akademisi, pemerhati Al-Qur’an dan unsur Kementerian Agama yang berjumlah 50 peserta ini menampilkan beberapa narasumber di antaranya, Prof. Dr. H. Hery Harjono (Peneliti Pusat Geoteknologi LIPI) selaku ketua Tim Penyusunan Tafsir Ayat Kauniyah, membawakan makalah “Pendekatan Saintifik dalam Menafsirkan Al-Qur’an (Sebuah Pengantar Tafsir Ilmi Kementerian Agama)”; Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA (Ketua Tim Kajian dan Penyusunan Tafsir Al-Qur’an Tematik) membahas Metodologi Tafsir Al-Qur’an Tematik (Sebuah Pengantar Tafsir Al-Qur’an Tematik Kementerian Agama)”; Prof. Dr. H. Abdullah Syah, MA (Ketua Umum MUI Sumatera Utara)membahas makalah “Merangkai Mozaik Islam Indonesia: Membangun Kerukunan di Tengah Kemajemukan (Kajian atas Buku Tafsir Tematik Al-Qur’an dan Kebinekaan)”;Yayat Ruhiyat, S.Pd. (Ketua Umum Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia/ITMI dan tim penyusun Al-Qur’an Braille dan Terjemahnya) membahas tema “Pengenalan tentang Mushaf Al-Qur’an Braille Standar Indonesia; dan Drs. H. E. Badri Yunardi, M.Pd. (Peneliti Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan)  yang membahas “Pengenalan tentang Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia”.

Selain membahas produk Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an di atas, panitia juga mensosialisasikan dengan membagikan kepada seluruh peserta produk-produk lainnya yang dicetak pada tahun 2011, seperti buku Biografi Para Penghafal Al-Qur’an di Nusantara, Profil Lembaga Tahfiz Al-Qur’an di Nusantara, Keutamaan Al-Qur’an dalam Kesaksian Hadis, Jurnal Suhuf, dan buku Panduan Wisata Religi.[mm]

Berita Terkait