Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal Turut Meramaikan Jakarta Festival Museum Day 2012

Foto Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan, Bapak Sukesti Martono, mengisi buku tamu di anjungan BQMIJakarta (19/05/2012) - Dalam rangka memperingati Hari Museum Internasional, pada Sabtu 19 Mei lalu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI menyelenggarakan Jakarta Festival Museum Day 2012. Bertempat di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, kegiatan ini diikuti oleh 43 museum yang ada di seputar Jakarta, termasuk di antaranya Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI).

Dalam kegiatan ini, BQMI menampilkan beberapa benda koleksi pilihan sebagai representasi dari benda-benda koleksi BQMI secara umum. Benda-benda koleksi yang ditampilkan yaitu Mushaf Jakarta (representasi koleksi mushaf yang menonjolkan keindahan seni iluminasi), Mushaf kuno dari Solo (representasi koleksi mushaf kuno tulisan tangan), Mushaf Cetakan Tua asal Bukittinggi (representasi koleksi mushaf cetak generasi awal), Mushaf Standard Braille (mushaf untuk kalangan tunanetra), Mushaf Istanbul (mushaf mini), Mushaf “Kuno-kunoan” (mushaf yang sengaja dibuat seolah-olah kuno), dan foto Mushaf Wonosobo (mushaf raksasa).

Selain menampilkan benda-benda koleksi, BQMI juga menyajikan demo kaligrafi Arab di atas kertas beriluminasi. Atraksi ini sukses memancing animo khalayak untuk berkunjung ke anjungan BQMI.

Jakarta Festival Museum Day 2012 mengusung tema “Museum in a Changing World: New Challenges, New Inspiration” (Museum dalam Dunia yang Berubah: Tantangan Baru Inspirasi Baru). Selain pameran, dalam kegiatan ini juga diselenggarakan pentas tari tradisional, talk show bertema permuseuman, dan berbagai aneka lomba. Dalam sambutan peresmiannya, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan, Sukesti Martono, menyampaikan bahwa museum bukan hanya gedung tempat menyimpan benda-benda kuno, namun seharusnya menjadi tempat edukasi yang sekaligus menghibur, dan menjadi sumber inspirasi baru untuk pengembangan kehidupan manusia. [dokumentasi][dim]

Berita Terkait