Pameran Lajnah di MTQ Nasional XXIV di Ambon

Foto Antusiasme Pengunjung PameranAmbon (07/06/2012) - Saleh, 32 tahun, warga kota Ambon yang juga orang Ambon asli, terkejut ketika mengetahui terdapat cukup banyak warisan mushaf Al-Qur’an kuno di Maluku. “Sebelum kemari, saya tidak tahu kalau Al-Qur’an tua di Maluku ada banyak. Baru tahu saya!”, seloroh Saleh. Saleh tampak antusias membuka-buka sebuah katalog berjudul “Khazanah Mushaf Al-Qur’an Kuno Maluku”.

Cuplikan di atas adalah salah satu suasana di lokasi stand Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (Lajnah) padaPameran MTQN - Maluku Expo 2012, Jum’at (9/6) lalu. Hujan yang terus-menerus mengguyur kota Ambon tidak menyurutkan semangat Saleh untuk berkunjung melihat sejumlah stand, termasuk di antaranya Lajnah.

Pameran dibuka secara resmi oleh Ibu Menteri Agama Suryadarma Ali, diikuti dengan kunjungan ke sejumlah stan pameran bersama Bapak Menteri Agama, Wakil Gubernur Maluku, dan sejumlah tamu penting lain. Di depan stan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, ketika Bapak Menteri diperkenalkan dengan salah satu produk baru Lajnah, yaitu Mushaf Al-Qur’an Braille Standar Indonesia, menyambutnya dengan baik, seraya mengangkat mushaf tersebut dan memperkenalkannya kepada para tamu. “Ini mushaf Al-Qur’an untuk para tunanetra,” kata Menteri Agama, yang disambut dengan sejumlah jepretan kamera wartawan.

Pameran MTQN - Maluku Expo 2012 adalah kegiatan pameran yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dalam rangka penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XXIV di kota Ambon, Maluku,7-13 Juni, berlokasi di lapangan Galunggung. MTQN XXIV 2012 diselenggarakan pada tanggal 8-14 Juni, bertempat di lapangan Merdeka, sekitar 3 kilometer dari lokasi pameran.

Sebagai instansi pemerintah yang tugasnya berkaitan dengan Al-Qur’an, Lajnah terpanggil untuk turut serta menyukseskan penyelenggaraan MTQN 2012 di Ambon. Pameran semacam ini juga menjadi sarana efektif untuk sosialisasi proses pentashihan mushaf Al-Qur’an, hasil-hasil produk pengkajian Al-Qur’an, serta benda koleksi Bayt Al-Qur’an &Museum Istiqlal (BQMI). Kegiatan pameran seperti ini juga kerap menjadi media edukasi yang efektif bagi masyarakat luas tentang hal-hal yang berkaitan dengan Al-Qur’an.

Mengusung judul “Khazanah Mushaf Al-Qur’an Kuno Maluku”, anjungan Lajnah memamerkan koleksi-koleksi BQMI seperti mushaf kuno tulisan tangan, Mushaf Istiqlal, Mushaf Standar Braille, mushaf mini “Istanbul”, mushaf Bahriyah, beberapa terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa daerah, dan lain-lain. Adapun produk Lajnah yang dipamerkan, yaituAl-Qur’an dan Tafsirnya, Tafsir Tematik, Tafsir Ilmi, Pedoman Tajwid Sistem Warna, Panduan Wisata Religi, Jurnal Suhuf, Katalog Koleksi BQMI, Buku Keutamaan Al-Qur’an dalam Kesaksian Hadis, Pedoman Membaca dan Menulis Al-Qur’an Braille, serta produk-produk lainnya.[dim]

Berita Terkait