Kepala Lajnah Menerima Kunjungan James Bennett

Jakarta (4/05/2011) -  Kepala Lajnah, Drs. H. Muhammad Shohib, MA, menerima kunjungan James Bennett, kurator seni Asia di Art Gallery of South Australia, Adelaide. Kunjungan tersebut adalah seusai James memberikan ceramah di hadapan para pegawai Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, berjudul “Koleksi Seni Islam di Art Gallery of South Australia”.

Kepala Lajnah menyatakan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kesediaan James memberikan ceramah yang tentu akan bermanfaat bagi pengembangan wawasan pegawai Lajnah, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal. Di samping itu, sebagai perkenalan, ia menjelaskan tata kerja Lajnah, yang memiliki tiga bidang kerja, yaitu pentashihan Al-Qur’an, pengkajian Al-Qur’an, dan pengelolaan Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal.

Di pihak lain, James menyatakan senang dan merasa memperoleh kehormatan dapat memberikan ceramah di lembaga yang menurutnya sangat penting ini. Ia bersedia membantu dan bekerja sama dengan lembaga ini di tahun-tahun mendatang. Dalam kunjungan singkat itu James memberikan hadiah berupa buku koleksi Art Gallery, berjudul Treasures.

Bagi James, ini bukanlah kunjungan pertama. Pada tahun 2005, pada waktu itu Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal dipimpin oleh Prof. Dr. Hasan Muarif Ambary, ia pernah meminjam sebuah koleksi berupa ukiran kayu mimbar kuno asal Palembang untuk dipamerkan dalam pameran Crescent Moon: Islamic Art and Civilization in Southeast Asia (Bulan Sabit: Seni dan Peradaban Islam di Asia Tenggara). Pameran besar yang ia kurasi itu digelar di dua tempat di Australia, yaitu di Adelaide sendiri, dan di National Art Gallery, Canberra.[aa]

Berita Terkait