Penyusunan Buku “Sejarah Mushaf Standar Indonesia”

Foto Sidang Penyusunan Buku Sejarah Mushaf Standar IndonesiaDepok (02/10/2012) - Mushaf Standar Indonesia yang menjadi rujukan resmi pemerintah dalam penerbitan Mushaf Al-Qur’an di tanah air tidaklah lahir dari ruang yang kosong. Ada banyak diskusi dan dialektika cukup ketat yang menyertai lahirnya Mushaf ini. Sedikitnya ada sembilan rangkaian Musyawarah Kerja (Muker) Ulama Al-Qur’anyang diselenggarakan sejak tahun 1974-1983 yang mengiringi lahirnya Mushaf Standar Indonesia. Pembahasan yang muncul pada beberapa Muker mulai dari persoalan penetapan qiraat, yakni qiraat ‘Asim riwayat Hafs, penetapan bahwa Mushaf Al-Qur’an tidak boleh ditulis selain dengan Rasm Usmani kecuali dalam keadaan darurat, pembahasan dan penetapan tanda waqaf, hingga problematika dalam penyusunan mushaf Al-Qur’an Braille yang dikhususkanbagi kalangan tunanetra.

Semua persoalan yang mengemuka pada proses lahirnya Mushaf Standar Indonesia ini ingin dikaji, ditelaah dan dituangkan dalam sebuah buku tentang sejarah Mushaf Standar Indonesia. Upaya ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan kajian dan penyusunan yang diselenggarakan Lajnah di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Selasa, 2 Oktober 2012. Penyusun dan pembicara pada acara ini adalah Zainal Arifin Mazkur MA, dan Drs. H.E. Badri Yunardi, salah seorang pelaku sejarah yang terlibat langsung dalam penyusunan Mushaf Standar Indonesia.

Pada acara ini, pemakalah memaparkan bab kedua, setelah pada pertemuan sebelumnya, bab I, menjelaskan tentang pengenalan Mushaf Al-Qur’an Standar. Di bab dua ini penyusun merekam sejumlah persoalan yang muncul hingga butir-butir yang menjadi kesepakatan para ulama. Tidak hanya itu, pada bab ini penulis juga mencantumkan nama-nama yang ikut serta pada setiap penyelenggaran Muker dari satu sampai kesembilan.

Nantinya, buku sejarah ini diharapkan menjadi pegangan, utamannya bagi Lajnah sendiri, dan umumnya bagi masyarakat yang, belakangan ini, banyak mempertanyakan mushaf standar, mulai dari penamaannya hingga persoalan substansial yang ada di dalamnya.[mus]

Berita Terkait