Kunjungan Da’i MABIMS ke BQMI

Foto Bersama Rombongan Peserta Muhibah Da'i MABIMSJakarta (8/10/2012) - Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) mendapatkan kunjungan spesial pada Senin, 8 Oktober 2012 lalu. Tamu spesial yang dimaksud adalah rombongan peserta Muhibbah Da’i MABIMS 2012. Muhibbah Da’i MABIMS adalah kegiatan rutin yang diikuti oleh para da’i utusan dari 4 negara: Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Sayangnya pada tahun ini, delegasi Singapura tidak dapat turut serta.

Pada penyelenggaraan tahun ini, para peserta diajak berkeliling ke beberapa tempat, seperti pondok-pondok pesantren, masjid, dan BQMI. Menurut perwakilan Direktur Penais Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, kunjungan itu bertujuan untuk memberikan wawasan tentang dakwah Islam yang begitu dinamis dan kaya warna di Indonesia. Karena alasan itu pula, BQMI dipilih sebagai salah satu tempat yang dikunjungi. BQMI dianggap merepresentasikan khazanah mushaf Al-Qur’an dan budaya Islam nusantara.

Kesan mendalam jelas dirasakan oleh para peserta. Ketua Delegasi Brunei Darussalam, Haji Abdul Azis bin Haji Abdul Kahar, pada acara penutupan Muhibbah Da’i MABIMS 2012, Selasa (9/10) malam, menyatakan, “Kami rase sangat mengesankan, kami ucapkan sejuta terima kasih kepada Kementerian Agama Republik Indonesia. Kami bisa melihat pesantren tua, masjid bersejarah, da'i terkenal, pengobatan narkotika, juga kekayaan budaya Islam Indonesia.”[dim]

Berita Terkait