Kunjungan Prof Dr Edwin Wieringa

Foto Kunjungan Prof. Dr. Edwin P. WieringaJakarta(23/10/2012) Pada Senin 22 Oktober lalu Lajnah kehadiran tamu Prof Dr Edwin P. Wieringa, ahli filologi Nusantara yang tidak asing lagi, penulis katalog naskah-naskah Melayu dan Minangkabau koleksi Belanda. Kunjungan itu dimanfaatkan dengan baik, dan sempat berdiskusi dengan para peneliti Lajnah yang tahun ini menyelenggarakan penelitian mushaf kuno.

Prof Edwin pernah menulis sebuah artikel tentang naskah mushaf, berjudul “Some Javanese characteristics of a Qur'an manuscript from Surakarta” yang dimuat di dalam buku From Codicology to Technology: Islamic Manuscripts and their Place in Scholarship (Berlin: Frank & Timme, 2009). Prof Edwin adalah lulusan Universitas Leiden, Negeri Belanda, yang saat ini mengajar di Universitas Koln, Jerman, sebagai profesor dalam filologi Indonesia dan Islam.

Dalam kesempatan kunjungan dua bulan di Indonesia kali ini, ia tertarik untuk melihat perkembangan cetakan Al-Qur’an di Indonesia yang dewasa ini mengalami “eksplosi” (ledakan) – istilah dia untuk menggambarkan banyaknya mushaf dengan beragam tampilan dan isi yang diterbitkan oleh berbagai penerbit Al-Qur’an. “Saya tidak melihat perkembangan seperti ini di Malaysia,” kata Prof Edwin yang sebelumnya sempat berkeliling ke beberapa kota di Malaysia.

Pada akhir kunjungan, warga Belanda yang fasih berbahasa Indonesia dan Jawa ini bertemu dengan Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Drs H Muhammad Shohib MA, yang menjelaskan tentang wilayah kerja Lajnah.[aa]

Berita Terkait