Pameran Mushaf Al-Qur’an di STQN Banjarmasin

Banjarmasin (08/06/2011) - Minggu-minggu terakhir ini, siapa saja yang datang ke Banjarmasin melalui Bandara Syamsuddin Noor akan disambut baliho besar saat menuruni pesawat. Gambar foto Menteri Agama, Suryadarma Ali, serta gubernur Kalimantan Selatan menempel pada baliho dengan tulisan “Selamat Datang Kafilah STQ Nasional XXI” di Kota Banjarmasin. Banjarmasin, kota religius dengan 98,5% penduduknya muslim ini, memang sedang mengadakan hajatan besar STQ Nasional, 4-11 Juni 2011.

Seleksi Tilawatil Quran atau yang biasa disingkat STQ merupakan event nasional yang rutin diadakan setiap dua tahun sekali, bergantian dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Kategori lomba yang ada pada STQ tidak sebanyak yang ada pada acara MTQ. Beberapa kategori lomba yang diselenggarakan antara lain Tilawatil Qur’an, Hifdzil Qur’an, Tafsir dan lain-lain. Acara STQ kali ini dipusatkan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, serta gedung kegubernuran atau orang setempat biasa menyebutnya Mahligai Pancasila. Adapun tempat pameran bertempat di depan masjid raya, persisnya di pinggir Sungai Martapura.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, pengelola Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal turut memeriahkan STQ dengan menggelar pameran berjudul “Mushaf Al-Qur’an di Indonesia dari Masa ke Masa”. Selain Lajnah, unit kerja di lingkungan Kementerian Agama yang memeriahkan pameran adalah Ditjen Bimas Islam dan Badan Litbang dan Diklat.

Pameran dibuka oleh Menteri Agama Suryadarma Ali pada Jumat sore, sesaat sebelum pembukaan STQ. Pameran kali ini menyuguhkan khazanah Al-Qur’an dari abad ke-18 hingga sekarang, dari mushaf tulis tangan, cetak batu (litografi), Al-Qur’an cetakan Bombay, Al-Qur'an cetakan Turki, dan Al-Qur’an cetakan Singapura (akhir abad ke-19 M), hingga Al-Qur'an cetakan awal abad ke-20 (yaitu Al-Qur'an cetakan Bukittinggi dan cetakan Cirebon) serta Al-Qur'an cetakan Salim Nabhan Surabaya, dan cetakan Birr & Co, Jakarta. Selain itu, koleksi yang ikut dipamerkan adalah Al-Qur’an cetakan baru, yang memiliki banyak variasi, serta sebuah Al-Qur’an digital.[ahs]

Berita Terkait