PPL Mahasiswa Tafsir-Hadis dan PSQ ke LPMA

Jakarta, (31/01/2013). Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMA) mendapatkan kunjungan dari peserta Praktek Profesi Lapangan (PPL) mahasiswa program S-1 Tafsir-Hadis, kerjasama Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) dengan Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional Indonesia (IAAI), Prodi Tafsir Fakultas Adab, Dakwah dan Ushuluddin (Adadin) IAIN Nurjati Cirebon, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Fakultas Ushuluddin STAIN Jember sebanyak 90 orang, yang dipimpin oleh Ach. Zayadi, M.Pd. dari Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ).

Rombongan disambut oleh H. Zarkasyi, MA, Kasi Pengembangan dan Pengkajian Al-Qur’an. Selain diikuti oleh Mahasiswa S-1 Tafsir-Hadis, PPL ini juga diikuti oleh Santri Pasca-Tahfiz Baytul-Qur’an dan peserta Program Kader Mufassir (PKM) PSQ. Dalam sambutannya, ketua rombongan mengatakan bahwa kegiatan PPL ke Lajnah (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an) ini insyaallah akan diprogramkan secara reguler setiap enam bulan sekali, sebagai salah satu bekal para mahasiswa dan santri di lapangan.

Dalam kegiatan ini disampaikan dua makalah dengan moderator H. Deni Hudaeny A.A, Lc. MA (Kasi Sosilalisasi dan Penerbitan). Makalah pertama mengenai Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia dan komparasinya dengan Mushaf Madinah (Saudi Arabia), dan al-Jamahiriyah (Libya) disampaikan oleh Zaenal Arifin, S.Sos.I dari Lajnah. Makalah kedua, tentang problematika terjemahan Al-Qur’an, disampaikan oleh Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA (Kepala Bidang Pengkajian Al-Qur’an).

Mengawali presentasinya, Dr. H. Muchlis M. Hanafi, MA. menekankan bahwa Lajnah sebagai salah satu Satuan Kerja (Satker) yang berada di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama terbuka untuk menerima kunjungan ilmiah seperti ini dalam rangka menjalankan fungsi pelayanan dan pengawalan terhadap otentisitas teks dan pemahaman Al-Qur’an masyarakat Indonesia, sebagai salah satu tugas dan fungsi Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Berita Terkait