BQMI Siapkan Galeri Harmoni dalam Penguatan Moderasi Beragama

Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) yang dikelola oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menyiapkan dan akan segera membuka galeri harmoni. Dalam situasi pandemi saat ini, berbagai persiapan tetap dilakukan guna mewujudkan galeri tersebut.

Koordinator Bidang Bayt Al-Qur’an dan Dokumentasi, Liza Mahzumah, menyampaikan bahwa galeri harmoni yang akan dilaksanakan mengambil tema “Moderasi Beragama” sesuai dengan salah satu program nasional dalam penguatan moderasi beragama. “Tujuan kegiatan ini adalah pertama, untuk memperkuat moderasi beragama dalam rangka menjaga kerukunan umat beragama; kedua, mewujudkan galeri bersama antar umat beragama yang menarik dan edukatif, serta memberikan pemahaman yang baik antar pemeluk agama; ketiga, menumbuhkan rasa saling menghargai antar pemeluk agama; dan keempat, meneguhkan nilai-nilai persaudaraan sebangsa dan senegara,” jelasnya.

Ia juga menuturkan bahwa salah satu hal yang mendasari penyelenggaraan pameran galeri agama ini adalah menjalankan bagian dari tugas dan fungsi museum, yaitu menyelenggarakan edukasi dan menyampaikan informasi. Dua tugas tersebut merupakan tugas utama museum selain tugas dan fungsi menyelenggarakan konservasi. “Salah satu hal yang mendasari pendirian galeri agama adalah dalam rangka menghadirkan display atau pameran berbagai agama yang berkembang di Indonesia dalam rangka edutainment. Dengan demikian diharapkan antar umat beragama saling mengenal agama yang satu dengan yang lain sehingga timbul rasa saling menghargai antar umat beragama,” tuturnya.

Dalam rapat persiapan yang diselenggarakan pada hari Senin (21/6/2021)di Depok, turut hadir perwakilan-perwakilan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam, Ditjen Bimas Katolik, Ditjen Bimas Kristen, Ditjen Bimas Hindu, Ditjen Bimas Budha, Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbindik) Khonghucu, dan perwakilan dari Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB). (Ibnu Athoillah)

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved