BQMI Siapkan Pameran Temporer Kaligrafi Batik

Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal (BQMI) akan menyelenggarakan pameran temporer tahun 2023, menambah pameran temporer Galeri Harmoni yang saat ini masih berjalan di area ruang pamer. Tema yang akan diangkat pada pameran temporer tahun ini adalah Kaligrafi Batik yang merupakan hasil lomba tingkat nasional yang diselenggarakan tahun 2021 dan 2022. Lomba satu-satunya dan pertama di dunia ini menggabungkan dua seni budaya yang berbeda.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ), Abdul Aziz Sidqi, saat turut dalam diskusi bersama tim Pameran Temporer, Kamis (19/1/2023) menyampaikan apresiasinya untuk mengangkat kaligrafi batik ini. Pameran harus disiapkan dengan hati-hati dan usahakan menghasilkan yang sebaik-baiknya.

“Kami sangat mengapresiasi pameran temporer mengangkat tema ini. (kaligrafi batik) Ini merupakan satu-satunya dan pertama kali di dunia. Kaligrafi banyak model, nah ini yang pertama kali. Tapi karena ini terkait dengan Al-Qur’an, maka harus hati-hati. Harus ada etikanya,” katanya.

Dalam diskusi tersebut ia juga meminta agar desain dan tata pamer dibuat sebagus mungkin karena saat ini perkembangan teknologi dan desain visual semakin berkembang. Selain itu, pengunjung yang akan menikmati pameran ini agar betah dan nyaman sehingga tidak bosan di museum.

“Pameran ini mohon untuk desain (semua pameran yang dilakukan oleh LPMQ) harus excellent (bagus), terbaik. Apalagi ini menyangkut Al-Qur’an. Inilah gunanya kita berkumpul pada pagi ini, untuk menyiapkan desain sebaik mungkin pameran ini,” tutur pria yang akrab dipanggil Aziz.

Setelah disiapkan sebaik mungkin, yang harus dilakukan adalah promosi yang bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait dan terutama di media sosial. Dengan gencarnya promosi diharapkan semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke museum kita.

“Mohon yang tim museum, untuk promosi yang bisa menghadirkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Kalau sudah jadi, bisa dipromosikan ke masyarakat melalui media sosial. Sehingga dengan adanya promosi ini, di samping mengenalkan kaligrafi batik ini juga akan menambah kehadiran pengunjung,” tutupnya. (Ath)

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved