Civitas Akademika Institut Agama Islam (IAI) Tribakti, Lirboyo Lakukan Studium General di LPMQ

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) menerima kunjungan civitas akademika Program Pascasarjana Instutut Agama Islam (IAI) Tribakti, Lirboyo, Jawa Timur. Rombongan tiba di kantor LPMQ pukul 9: 50 WIB. Terdiri dari 15 orang dosen pendamping dan 175 orang mahasiswa dan mahasiswi. Kunjungan tersebut dalam rangka stadium general studi Al-Qur’an dengan tema, “Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an”.

“Tujuan kami berkunjung di LPMQ adalah dalam rangka pengayaan materi studi Al-Qur’an bagi mahasiwa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,” kata Direktur Pascasarjana IAI Tribakti, Dr. H. Abbas Sofwan, MF, L.L.M, dalam sambutan kegiatan yang berlangsung di aula pertemuan Museum Istiqlal, TMII, Rabu (06/07).

“Secara khusus, kami memilih LPMQ, karena lembaga ini telah menghasilkan produk-produk hasil kajian Al-Qur’an, seperti: Tafsir Tahlili, Tafsir Tematik, Tafsir Ilmi, dan buku-buku Ulumul Qur’an. Kami berharap, melalui kegiatan ini, mahasiswa mendapat tambahan bekal kealqur’anan sekaligus memperoleh inspirasi untuk objek penelitian tugas akhir mereka,” ungkap Abbas menambahkan.

Selaku tuan rumah, LPMQ menugaskan dua orang pegawai sebagai penyampai materi. Pertama, Bagus Purnomo, MA, menyampaikan Ragam Produk Layanan dan Hasil Kajian Al-Qur'an LPMQ. Kedua, Dr. Zaenal Arifin Madzkur, MA menyampaikan materi Mengenal Mushaf Al-Qur'an Standar Indonesia.

Pada kesempatan itu, Bagus menjelaskan satu persatu produk layanan dan hasil kajian Al-Qur'an yang selama ini dikembangkan LPMQ, seperti: Quran Kemenag Versi Android, Quran in Microsoft Word, Website Pustaka Lajnah, buku-buku Tafsir Al-Qur'an, Terjemahan Al-Qur'an Kemenag, dan produk layanan pengembangan hasil kajian dalam bentuk video yang telah diunggah di media sosial.

Menurut Bagus, secara umum, produk-produk hasil kajian Al-Qur'an LPMQ bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa lintas jurusan sebagai sumber rujukan karya tulis ilmiah. "Tidak hanya untuk mahasiswa program studi (prodi) Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, produk hasil kajian Al-Qur'an LPMQ juga bisa dijadikan sumber literasi bagi mahasiswa prodi kajian Islam lainnya, seperti: Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar," ungkapnya menjelaskan.

Sementara itu, Zaenal Arifin, memaparkan secara akademik, apa itu Mushaf Standar Indonesia (MSI), sejarah penyusunannya, ulama-ulama yang terlibat dalam penyusunan, kaidah penulisan rasm MSI, juga menyampaikan bantahan secara ilmiah dugaan sebagian masyarakat yang menganggap bahwa MSI tidak sesuai dengan rasm Usmani.

"Mushaf Al-Qur'an yang mengikuti kaidah penulisan rasm Usmani tidak hanya Mushaf terbitan Saudi Arabia. MSI juga mengikuti kaidah penulisan rasm Usmani, begitu juga mushaf-mushaf Al-Qur'an dari negara kawasan Maghribi," tegas pejabat fungsional Pentashih Al-Qur'an yang memiliki kepakaran di bidang ilmu rasm.[bp]

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved