Draf Buku Himpunan Dalil Moderasi Beragama Selesai Dibahas

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) terus menyempurnakan salah satu program prioritasnya di tahun 2022 yaitu Kajian dan Penyusunan Buku Himpunan Dalil Moderasi Beragama dari Al-Qur'an dan Sunnah. Kegiatan ini menjadi prioritas  karena terkait langsung dengan program nasional pemerintah yang memasukkan moderasi beragama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Kegiatan ini menjadi salah satu program prioritas, karena terkait langsung dengan implementasi RPJMN, di mana moderasi beragama menjadi salah satu program prioritasnya. Oleh sebab itu, LPMQ, sesuai dengan tugas dan fungsinya, berusaha menguatkan dasar-dasar moderasi beragama dengan Buku Himpunan Dalil Moderasi Beragama dari Al-Qur'an dan Sunnah" jelas Abdul Aziz Sidqi, selaku Koordinator Bidang Pengkajian Al-Qur’an dalam sambutannya pada kegiatan Kajian dan Penyusunan Bahan Bacaan Tafsir untuk Penguatan Moderasi Beragama ke-6, hari Selasa (16/18) di Jakarta Selatan.

Dalam sidang kajian ke-6, semua penulis telah mempresentasikan makalah masing-masing. Setiap makalah yang telah selesai dipresentasikan mendapat masukan, perbaikan, atau tambahan materi dari tim penulis lainnya untuk disempurnakan, sebelum dinilai layak diterbitkan.

Tim penulis buku ini terdiri dari 5 orang pakar di bidang kajian Al-Qur’an, antara lain: Prof. Dr. H.M. Darwis Hude, M.Si, Dr. Abas Mansur Tamam, MA, Dr. Saiful Bahri, MA, Dr. Faizah Ali Sibromalisi, MA, Dr. Roni Hidayat, MA, dan didampingi seorang tim pakar, Dr. Abdul Ghofur Maemun, MA. Konten buku dihimpun dalam satu tema besar yaitu Indikator Prinsip dan Pesan Moderasi Beragama. Selanjutnya, tema pokok ini diuraikan menjadi 12 bab, antara lain: Adil dan Berimbang, Prinsip Memberikan Kemudahan, Amar Makruf Nahi Munkar, Menghargai Kemajemukan, Mewujudkan Kedamaian dan Anti Kekerasan, Menghargai Budaya dan Tradisi Menaati Komitmen Kebangsaan, Memahami Realitas dan Prioritas, Sinergitas, Menjaga Keselamatan Jiwa, Menjunjung Tinggi Keadaban Mulia dan Menghormati Harkat Martabat Kemanusiaan.

Menurut Dr. Abas Mansur tamam, MA, secara teknis buku ini hanya berisi himpunan dalil tentang moderasi beragama, baik yang berasal dari Al-Qur’an ataupun hadis. Dalil-dalil yang dicantumkan hanya diberi penjelasan singkat, tidak diuraikan secara panjang lebar, karena sedari awal tujuan penulisan buku ini adalah untuk menghimpun dalil-dalil dari Al-Qur’an dan hadis sebagai pegangan para dai, ustaz, penceramah, atau pengajar agar lebih mudah mencari dalil-dalil term moderasi beragama dengan lengkap.

“Karena buku ini adalah buku himpunan dalil moderasi beragama, maka penjelasannya tidak dinarasikan secara panjang lebar. Yang dicantumkan ayat dan hadis saja, tetapi dihimpun selengkap mungkin sesuai bab dan sub bab yang telah disepakati. Tujuannya, agar bisa dimanfaatkan dengan mudah dan praktis oleh para dai, ustaz, pengajar, masyarakat, atau siapa saja yang memerlukan,” ungkap Abas. [bp]

 

 

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved