Gandeng BSN, LPMQ Bahas Standardisasi Penerbitan dan Pencetakan Mushaf

Dinamika penerbitan dan pencetakan mushaf Al-Qur’an terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Problematika yang muncul kemudian tidak hanya persoalan kasahihan tulisan mushaf, namun hal-hal lain yang berkaitan seperti pengolahan naskah di penerbit, pentashihan di internal penerbit, hingga perlakuan percetakan terhadap naskah mushap Al-Qur’an yang sering memunculkan persoalan pelik di tengah masyarakat. Untuk itulah Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) mengadakan diskusi tentang Standardisasi Penerbitan dan Pencetakan Mushaf Al-Qur’an. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada kegiatan Sidang Reguler Pentashihan Ke-7, Selasa, 26 Juli 2022 di Hotel Jambuluwuk, Jakarta.

“Gagasan tentang standardisasi penerbitan dan pencetakan mushaf kita lakukan agar persoalan-persoalan terkait dengan mushaf Al-Qur’an, mulai dari penerbitan, pentashihannya, hingga pencetakannya bisa dikawal dan ditangani dengan baik,” jelas Muchlis Hanafi  dalam sambutannya di awal acara.

Untuk membahas rencana tersebut, LPMQ menggandeng Badan Standardisasi Nasinoal (BSN) yang diwakili Sugeng Raharjo, Direktur Sistem dan Harmonisasi Akreditasi – BSN, yang juga bertindak selaku narasumber pada acara ini. Menurutnya, pada sebuah layanan atau produk, selain untuk membuktikan kompetensi, akreditasi juga dilakukan agar ketidaksesuaian pada layanan atau produk bisa diidentifikasi, dan juga agar terjadi peningkatan yang berkelanjutan.

“Pada sebuah layanan atau produk, selain untuk membuktikan kompetensi, akreditasi juga dilakukan agar ketidaksesuaian pada layanan atau produk bisa diidentifikasi, dan juga agar terjadi peningkatan yang berkelanjutan,” terang Sugeng Raharjo di sesi awal acara.

Tujuan utama dari standardisasi pada penerbitan dan pencetakan mushaf Al-Qur’an, termasuk juga distribusinya, adalah agar segala pelayanan yang terkait dengan mushaf Al-Qur’an, mulai dari kesahihan tulisannya, pencetakannya di penerbit, hingga distribusinya benar-benar bisa memberikan jaminan yang optimal bagi masyarakat. [Must]

 

 

 

 

Kontak

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an
Gedung Bayt Al-Qur`an & Museum Istiqlal
Jalan Raya TMII Pintu I Jakarta Timur 13560
Telp: (021) 8416468 - 8416466
Faks: (021) 8416468
Web: lajnah.kemenag.go.id
Email: lajnah@kemenag.go.id
© 2023 Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an. All Rights Reserved